Hukum Satu Rumah dengan yang Bukan Muhrim

Geegle  HayoO

Dibimbing oleh Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang.


Hukum Khalwat dan Percampuran Pria Wanita dalam Islam

Hukum Khalwat dengan perempuan lain atau berduaan antara laki-laki dan peremuan yang bukan muhrim dalam Islam.

Khalwat ada dua jenis:
Pertama, pertemuan laki-laki dan perempuan secara berduaan tanpa adanya kehadiran orang lain.

Kedua pertemuan antara pria dan wanita namun dapat terlihat oleh orang lain.


Khalwat menurut Al-Qamus al-Fiqhiy 1/122
adalah tempat untuk menyendiri baik dengan dirinya atau dengan yang lain. Secara syariah kholwat adalah laki-laki berduaan dengan istrinya dalam situasi yang memungkinkan terjadinya hubungan intim. Dalam definisi Ibnu Muflih dalam Al-Furuk 5/153 khalwat adalah di mana seorang laki-laki menutup pintu untuk berduaan dengan istrinya. Dengan demikian, khalwat terjadi di dalam rumah. Sedang khalwat di jalan tidak disebut khalwat. Dan sama dengan rumah adalah setiap tempat yang orang lain tidak boleh masuk.
Namun, pengertian khalwat yang dimaksud di sini adalah adanya dua manusia lawan jenis, pria dan wanita, yang tidak ada hubungan kerabat maupun perkawinan yang berduaan dalam suatu ruang tertutup.

Susunan Isi Artikel :
1. Hukum Khalwat dalam Islam
2. Hukum Percampuran Pria dan Wanita
3. Apa Tanda Keislaman Seseorang?
4. CARA KONSULTASI AGAMA
HUKUM KHALWAT DALAM ISLAM

Yang dimaksud perempuan lain adalah wanita yang selain istri atau mertua, dan tidak ada hubungan keluarga (mahram) seperti dalam QS An Nisa 4:22-23. Termasuk haramnya khalwat dengan tunangan sendiri sebelum terjadinya akad nikah.

Hukumnya khalwat antara laki-laki dan perempuan lain adalah haram secara mutlak berdasarkan


firman Allah QS Al Isra' 17:32
َ
Janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Ayat di atas mengharamkan dua hal sekaligus: (a) zina; dan (b) segala perilaku yang mendekati perbuatan zina termasuk di antaranya adalah berduaan antara dua lawan jenis yang bukan mahram yang disebut dalam istilah bahasa Arab dengan khalwat dengan yang selain mahram.


Juga berdasarkan pada hadits riwayat Ahmad dalam kitab Musnad hadits no. 14692

ﻦﻣ ﻥﺎﻛ ﻦﻣﺆﻳ ﻡﻮﻴﻟﺍﻭ ﻪﻠﻟﺎﺑ ﺮﺧﻵﺍ ﻼﻓ ﻥﻮﻠﺨﻳ ﺓﺃﺮﻣﺎﺑ ﺖﺴﻴﻟ ﺎﻬﻌﻣ ﻭﺫ ﺎﻬﻨﻣ ﻡﺮﺤﻣ ﻥﺈﻓ ﻥﺎﻄﻴﺸﻟﺍ ﺎﻤﻬﺜﻟﺎﺛ
Artinya: Barangsiapa yang bermain pada Allah dan hari akhir maka hendaknya tidak berkhalwat dengan perempuan bukan mahram karena pihak ketiga adalah setan.]


Konsekuensi dari haramnya khalwat
antara lain adalah keharusan seorang wanita yang hendak bepergian agar ditemani oleh mahramnya seperti
sabda Nabi s.a.w dalam Hadits riwayat Muslim no. 1340

ﻻ ﻞﺤﻳ ﺓﺃﺮﻤﻟ ﻡﻮﻴﻟﺍﻭ ﻪﻠﻟﺎﺑ ﻦﻣﺆﺗ ﻥﺃ ﺮﺧﻵﺍ ًﺍﺮﻔﺳ ﺮﻓﺎﺴﺗ ﻥﻮﻜﻳ ﺔﺛﻼﺛ ﻡﺎﻳﺃ ﻻﺇ ًﺍﺪﻋﺎﺼﻓ ﺎﻬﻌﻣﻭ ﺎﻫﻮﺑﺃ ﻭﺃ ﺎﻬﻨﺑﺍ ﻭﺃ ﺎﻬﺟﻭﺯ ﻭﺃ ﺎﻫﻮﺧﺃ ﻭﺫ ﻭﺃ ﻡﺮﺤﻣ ﺎﻬﻨﻣ
Artinya: tidak halal bagi seorang perempuan yang beriman pada Allah dan hari akhir melakukan perjalanan selama tiga hari atau lebih kecuali ditemani oleh ayahnya, atau anaknya, atau suaminya, atau saudara kandungnya atau mahramnya yang lain.


Adapun batasan dari khalwat menurut kitab Hasyiah Bujairami alal Manhaj 3/421; Hasyiah Al-Jamal 4/124 adalah:

ﺓﻮﻠﺨﻟﺍ ﻂﺑﺎﺿﻭ ﻉﺎﻤﺘﺟﺍ ﻻ ﻪﻌﻣ ﻦﻣﺆﺗ ﺔﺒﻳﺮﻟﺍ ﻑﻼﺨﺑ ﺓﺩﺎﻋ ﻮﻟ ﺎﻣ ﺎﻬﺋﺎﻔﺘﻧﺎﺑ ﻊﻄﻗ ﺓﺩﺎﻋ ﻼﻓ ﺪﻌﻳ ﺓﻮﻠﺧ ﻉ ﻰﻠﻋ ﺵ ﺭ ﻡ ﻦﻣ ﺏﺎﺘﻛ ﺩﺪﻌﻟﺍ
Artinya: Batasan yang dinamai khalwat adalah pertemuan yang tidak diamankan terjadinya kecyrigaan kearah zina secara kebiasaan berbeda saat dipastikan tidak akan terjadi hal yang demikian secara kebiasaannya maka tidak dinamai khalwat.


KHALWAT YANG DIBOLEHKAN
Menurut Al-Mausuah Al-Fiqhiyah 17/267

disebutkan bahwa ada juga khalwat yang dibolehkan yakni dalam situasi seperti digambarkan di bawah:
ﻦﻣﻭ ﺎﻀﻳﺃ ﺡﺎﺒﻤﻟﺍ ﻰﻨﻌﻤﺑ ﺓﻮﻠﺨﻟﺍ ﺩﺍﺮﻔﻧﺍ ﻞﺟﺭ ﺓﺃﺮﻣﺎﺑ ﻲﻓ ﺩﻮﺟﻭ ﺱﺎﻨﻟﺍ ﺚﻴﺤﺑ ﻻ ﺎﻤﻬﺻﺎﺨﺷﺃ ﺐﺠﺘﺤﺗ ﻢﻬﻨﻋ , ﺚﻴﺤﺑ ﻞﺑ ﻻ ﻥﻮﻌﻤﺴﻳ ﺪﻘﻓ ﺎﻤﻬﻣﻼﻛ ﺀﺎﺟ ﻲﻓ ﺢﻴﺤﺻ ﻱﺭﺎﺨﺒﻟﺍ : ﺕﺀﺎﺟ
ﺓﺃﺮﻣﺍ ﻦﻣ ﺭﺎﺼﻧﻷﺍ ﻰﻟﺇ ﻲﺒﻨﻟﺍ ﻰﻠﺻ ﻪﻠﻟﺍ ﻪﻴﻠﻋ ﻼﺨﻓ ﻢﻠﺳﻭ ﺎﻬﺑ
ﻥﻮﻨﻋﻭ ﻦﺑﺍ ﺍﺬﻬﻟ ﺮﺠﺣ ﺎﻣ ﺏﺎﺒﺑ ﺚﻳﺪﺤﻟﺍ ﺯﻮﺠﻳ ﻮﻠﺨﻳ ﻥﺃ ﻞﺟﺮﻟﺍ ﺓﺃﺮﻤﻟﺎﺑ ﺪﻨﻋ , ﺱﺎﻨﻟﺍ ﺐﻘﻋﻭ : ﻪﻟﻮﻘﺑ ﻻ ﻮﻠﺨﻳ ﺚﻴﺤﺑ ﺎﻬﺑ ﺐﺠﺘﺤﺗ ﺎﻤﻬﺻﺎﺨﺷﺃ ﻢﻬﻨﻋ ﻞﺑ , ﺚﻴﺤﺑ ﻻ ﻥﻮﻌﻤﺴﻳ ﺍﺫﺇ ﺎﻤﻬﻣﻼﻛ ﺎﻤﺑ ﻥﺎﻛ ﺀﻲﺸﻟﺎﻛ ﻪﺑ ﺖﻓﺎﺨﻳ ﻱﺬﻟﺍ ﻲﺤﺘﺴﺗ ﺓﺃﺮﻤﻟﺍ ﻦﻣ ﻩﺮﻛﺫ ﻦﻴﺑ ﺱﺎﻨﻟﺍ ﺓﻮﻠﺨﻟﺍ ﻥﻮﻜﺗﻭ ﺎﻣﺍﺮﺣ ﺔﻴﺒﻨﺟﻷﺎﺑ ﺓﻮﻠﺨﻟﺎﻛ ﺎﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﺗﺄﻴﺳ . ﻪﻠﻴﺼﻔﺗ ﺪﻗﻭ ﻥﻮﻜﺗ ﺔﻴﺒﻨﺟﻷﺎﺑ ﺓﻮﻠﺨﻟﺍ ﺔﺒﺟﺍﻭ ﻲﻓ ﻝﺎﺣ , ﺓﺭﻭﺮﻀﻟﺍ ﻦﻤﻛ ﺪﺟﻭ ﺓﺃﺮﻣﺍ ﺔﻴﺒﻨﺟﺃ ﺔﻌﻄﻘﻨﻣ ﻲﻓ ﺔﻳﺮﺑ ﻑﺎﺨﻳﻭ , ﻙﻼﻬﻟﺍ ﺎﻬﻴﻠﻋ ﺖﻛﺮﺗ ﻮﻟ
Artinya:
Termasuk khalwat yang boleh adalah berduaannya seorang pria dan seorang wanita di depan banyak orang sekiranya keberadaan keduanya tidak tertutup dari mata orang banyak walaupun mereka tidak mendengar percakapan keduanya.

Ada sebuah hadits dalam Sahih Bukhari yang menyatakan: "Seorang perempuan Anshar datang pada Nabi lalu Nabi berduaan dengannya." Ibnu Hajar memasukkan hadits ini dalam bab "Bolehnya lelaki dan perempuan khalwat di dekat orang banyak." Ibnu Hajar mengomentari hadits ini demikian: Pria tidak boleh berkhalwat dengan wanita apabila keberadaan keduanya tertutup (terhalang) dari pandangan orang banyak...


HUKUM PERCAMPURAN ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM SATU RUMAH

Hukum percampuran antara laki-laki dan perempuan dalam Al-Mausuah al-Fiqhiyah 2/290 - 291 diuraikan sebagai berikut:
ﻁﻼﺘﺧﺍ ﻝﺎﺟﺮﻟﺍ : ﺀﺎﺴﻨﻟﺎﺑ 4 – ﻢﻜﺣ ﻒﻠﺘﺨﻳ ﻁﻼﺘﺧﺍ ﻝﺎﺟﺮﻟﺍ ﺀﺎﺴﻨﻟﺎﺑ ﻪﺘﻘﻓﺍﻮﻣ ﺐﺴﺤﺑ ﺪﻋﺍﻮﻘﻟ ﺔﻌﻳﺮﺸﻟﺍ ﻪﺘﻘﻓﺍﻮﻣ ﻡﺪﻋ ﻭﺃ ﻡﺮﺤﻴﻓ , . ﻁﻼﺘﺧﻻﺍ ﺍﺫﺇ ﻥﺎﻛ ﻪﻴﻓ ﺃ : – ﺓﻮﻠﺨﻟﺍ , ﺔﻴﺒﻨﺟﻷﺎﺑ ﺮﻈﻨﻟﺍﻭ ﺎﻬﻴﻟﺇ ﺓﻮﻬﺸﺑ . ﺏ – ﻝﺬﺒﺗ ﺓﺃﺮﻤﻟﺍ ﻡﺪﻋﻭ ﺎﻬﻣﺎﺸﺘﺣﺍ . ﺝ – ﺚﺒﻋ ﻮﻬﻟﻭ ﺔﺴﻣﻼﻣﻭ ﻥﺍﺪﺑﻸﻟ ﻁﻼﺘﺧﻻﺎﻛ ﻲﻓ ﺡﺍﺮﻓﻷﺍ ﺪﻟﺍﻮﻤﻟﺍﻭ ﺩﺎﻴﻋﻷﺍﻭ , ﻁﻼﺘﺧﻻﺎﻓ ﻱﺬﻟﺍ ﻥﻮﻜﻳ ﻪﻴﻓ ﻞﺜﻣ ﻩﺬﻫ ﺭﻮﻣﻷﺍ , ﻡﺍﺮﺣ ﻪﺘﻔﻟﺎﺨﻤﻟ ﺪﻋﺍﻮﻘﻟ ﺔﻌﻳﺮﺸﻟﺍ ﻥﺃ ﻰﻟﺇ– -ﻝﺎﻗ ﻚﻟﺬﻛ ﺀﺎﻬﻘﻔﻟﺍ ﻖﻔﺗﺍ ﻰﻠﻋ ﺔﻣﺮﺣ ﺲﻤﻟ ﺔﻴﺒﻨﺟﻷﺍ ﻻﺇ , ﺖﻧﺎﻛ ﺍﺫﺇ ﺍﺯﻮﺠﻋ ﻻ ﻰﻬﺘﺸﺗ ﻼﻓ ﺔﺤﻓﺎﺼﻤﻟﺎﺑ ﺱﺄﺑ ﻝﻮﻘﻳﻭ . ﻦﺑﺍ : ﻥﻮﺣﺮﻓ ﻲﻓ ﻲﺘﻟﺍ ﺱﺍﺮﻋﻷﺍ ﺝﺰﺘﻤﻳ ﺎﻬﻴﻓ ﻝﺎﺟﺮﻟﺍ ﺀﺎﺴﻨﻟﺍﻭ , ﻻ ﻞﺒﻘﺗ ﺓﺩﺎﻬﺷ ﻢﻬﻀﻌﺑ ﺾﻌﺒﻟ ﺍﺫﺇ ﻥﺎﻛ ﻪﻴﻓ ﻪﻣﺮﺣ ﺎﻣ ; ﻉﺭﺎﺸﻟﺍ ﻥﻷ ﻦﻫﺭﻮﻀﺤﺑ ﻩﺬﻫ ﻊﺿﺍﻮﻤﻟﺍ ﻦﻬﺘﻟﺍﺪﻋ ﻂﻘﺴﺗ . ﻰﻨﺜﺘﺴﻳﻭ ﻦﻣ ﻡﺮﺤﻤﻟﺍ ﻁﻼﺘﺧﻻﺍ ﺎﻣ ﻡﻮﻘﻳ ﺐﻴﺒﻄﻟﺍ ﻪﺑ ﻦﻣ ﺮﻈﻧ ﺲﻤﻟﻭ ﻥﻷ ﻚﻟﺫ ﻊﺿﻮﻣ , ﺓﺭﻭﺮﺿ ﺕﺍﺭﻭﺮﻀﻟﺍﻭ ﺕﺍﺭﻮﻈﺤﻤﻟﺍ ﺢﻴﺒﺗ .
5 – ﺯﻮﺠﻳﻭ ﺍﺫﺇ ﻁﻼﺘﺧﻻﺍ ﺖﻧﺎﻛ ﺔﺟﺎﺣ ﻙﺎﻨﻫ ﺔﻋﻭﺮﺸﻣ ﺓﺎﻋﺍﺮﻣ ﻊﻣ ﺪﻋﺍﻮﻗ ﺔﻌﻳﺮﺸﻟﺍ ﺯﺎﺟ ﻚﻟﺬﻟﻭ ﺝﻭﺮﺧ ﺓﺃﺮﻤﻟﺍ ﺓﻼﺼﻟ ﺔﻋﺎﻤﺠﻟﺍ ﺪﻴﻌﻟﺍ ﺓﻼﺻﻭ , ﺾﻌﺒﻟﺍ ﺯﺎﺟﺃﻭ ﺎﻬﺟﻭﺮﺧ ﺔﻀﻳﺮﻔﻟ ﻊﻣ ﺞﺤﻟﺍ ﺔﻘﻓﺭ ﺔﻧﻮﻣﺄﻣ ﻦﻣ ﻝﺎﺟﺮﻟﺍ . ﺯﻮﺠﻳ ﻚﻟﺬﻛ ﺓﺃﺮﻤﻠﻟ ﺔﻠﻣﺎﻌﻣ ﻝﺎﺟﺮﻟﺍ ﻊﻴﺒﺑ ﻭﺃ ﺀﺍﺮﺷ ﻭﺃ ﺓﺭﺎﺟﺇ ﻭﺃ ﺮﻴﻏ ﻚﻟﺫ . ﻞﺌﺳ ﺪﻘﻟﻭ ﻚﻟﺎﻣ ﻡﺎﻣﻹﺍ ﻦﻋ ﺓﺃﺮﻤﻟﺍ ﺓﺮﻴﺒﻜﻟﺍ ﺔﺑﺰﻌﻟﺍ ﺄﺠﻠﺗ ﻰﻟﺇ , ﻞﺟﺮﻟﺍ ﻡﻮﻘﻴﻓ ﺎﻬﺠﺋﺍﻮﺤﺑ ﺎﻬﻟ , ﺔﺟﺎﺤﻟﺍ ﺎﻬﻟﻭﺎﻨﻳﻭ , ﻞﻫ ﻯﺮﺗ ﻪﻟ ﻚﻟﺫ ﺎﻨﺴﺣ ؟ : ﻝﺎﻗ ﻻ ﻪﺑ ﺱﺄﺑ , ﻪﻌﻣ ﻞﺧﺪﻴﻟﻭ ﻩﺮﻴﻏ ﺐﺣﺃ , ﻲﻟﺇ ﻮﻟﻭ ﺎﻬﻛﺮﺗ ﺱﺎﻨﻟﺍ ﺖﻋﺎﻀﻟ , ﻝﺎﻗ ﻦﺑﺍ : ﺪﺷﺭ ﺍﺬﻫ ﺎﻣ ﻰﻠﻋ ﺍﺫﺇ ﻝﺎﻗ ﻩﺮﺼﺑ ﺾﻏ ﺎﻤﻋ ﻻ ﻪﻟ ﻞﺤﻳ ﺮﻈﻨﻟﺍ ﻪﻴﻟﺇ
Artinya: Hukum percampuran (ikhilat) antara pria dan wanita dalam suatu tempat itu berbeda-beda berdasarkan pada sesuai tidaknya dengan kaidah syariah.
Hukumnya haram apabila: (a) Terjadi kholwat antara laki-laki dan perempuan bukan mahram dan timbul syahwat saat melihatnya. (b) Perempuan berperilaku bebas dan tidak menjaga sikap santun. (c) Untuk tujuan main-main dan bersenang-senang dan terjadi persentuhan kulit seperti percampuran dalam pernikahan, festival dan pameran.

Percampuran antara pria wanita seperti yang digambarkan di atas  hukumnya haram karena menyalahi kaidah syariah Islam.

Begitu juga ulama fiqih sepakat atas keharaman menyentuh perempuan bukan mahram kecuali apabila menyentuh wanita tua yang tidak menimbulkan syahwat maka dibolehkan untuk bersalaman (jabat tangan).
Ibnu Farhun berkata: Percampuran laki-laki dan perempuan pada acara akad nikah maka tidak diterima kesaksian satu dengan yang lain apabila terdapat sesuatu yang diharamkan syariah karena dengan kehadiran para wanita pada tempat ini maka gugurlah sikap adil mereka. Dikecualikan dari percampuran yang diharamkan apa yang dilakukan dokter atau tabib saat melihat atau menyentuh pasiennya karena termasuk darurat sedangkan darurat itu menghalalkan perkara yang dilarang.
Percampuran pria wanita dibolehkan apabila terdapat kebutuhan yang disyariatkan serta tetap menjaga prinsip syariah. Oleh karena itu, wanita boleh keluar untuk shalat berjamaah dan sholat Hari Raya (Idul Fitri atau Idul Adha). Sebagian ulama membolehkan keluarnya perempuan untuk melaksanakan ibadah haji bersama laki-laki yang dapat dipercaya. Begitu juga, boleh bagi wanita untuk bermuamalah (melakukan transaksi) dengan laki-laki dalam bentuk jual beli, perniagaan, dan lain-lain. Imam Malik pernah ditanya tentang wanita tua yang tidak kawin menemui laki-laki lalu mengutarakan keperluannya dan mendapatkan apa yang diinginkannya. Apakah hal itu baik? Imam Malik berkata: Tidak apa-apa namun seandainya dia ditemani oleh yang lain itu akan lebih baik kalau dia ditinggal oleh orang niscaya dia akan hilang. Ibnu Rushd berkata: Ini bagi yang berpendapat apabila laki-laki itu menutup penglihatannya dari sesuatu (aurat) yang tidak boleh dilihat.
Dalam konteks adanya keperluan yang dibolehkan itulah, maka
Imam Nawawi dalam Al-Majmuk 4/350 menyatakan:

َﻁﺎَﻠِﺘْﺧﺍ ِﺀﺎَﺴِّﻨﻟﺍ ﺍَﺫﺇ ِﻝﺎَﺟِّﺮﻟﺎِﺑ ْﻢَﻟ ًﺓَﻮْﻠَﺧ ْﻦُﻜَﻳ َﺲْﻴَﻟ ٍﻡﺍَﺮَﺤِﺑ
Makna: Percampuran antara wanita dan pria asalkan tidak terjadi khalwat tidak diharamkan


Pertanyaan Umum

_____________________________________________________
APA TANDA KEISLAMAN SESEORANG?
Islam itu agama yang mudah. Seorang yang akan masuk Islam cukup dengan membaca dua kalimat syahadat tanpa upacara apapun yang ruwet. Tidak perlu KTP atau tanda pengenal.

PERTANYAAN
Assalamuailaikum wr. wb
KTP yang disahkan oleh pemerintah adalah bukti nyata pengakuan bahwa kita sebagai warga dari suatu negara itu bahkan yang terkecil bahwa kita sebagai warga dari suatu desa/dusun tersebut.
pertanyaan saya, apa bukti nyata kalau kita diakui sebagai ummat nabi muhammad saw, sehingga kita bukan hanya ngaku-ngaku ummat beliau.... mohon segera dijawab.
Wassalamuailaikum wr. wb.
Hadi Rahman Ma'rifatulloh

JAWABAN
Pertanyaan tersebut pernah diajukan pada Nabi oleh malaikat Jibril yang menyamar menjadi seorang biasa. Pertanyaan Jibril dan jawaban Nabi berdasarkan sebuah Hadits Bukhari Muslim (muttafaq alaih) adalah sebagai berikut.
Jibril: Apa itu Islam?
Nabi: Islam adalah bersaksi tiada tuhan selain Allah, mendirikan salat, membayar zakat, puasa bulan Ramadan, haji ke Baitullah apabila kuasa.
Hadits di atas menjadi standar seseorang menjadi muslim. Yakni, harus memenuhi lima rukun Islam di atas.

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tidak Ada Perbincangan Ke "Hukum Satu Rumah dengan yang Bukan Muhrim"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6