8 Hal Menarik yang Ada di Negara Tembok Berlin Jerman

Geegle  HayoO
foto : Wanita Jerman
Berlin - Hidup di sisi timur Berlin cukup banyak sejak Dinding jatuh pada bulan November 1989, Chakly sudah mendengarkan Ossies (slang untuk bagian timur) berbicara baik meremehkan dan positif tentang keadaan mereka dibesarkan di: the 1949-1990 sosialis Jerman Republik Demokratik (GDR). Sebagian besar, tentu saja, bersyukur bahwa negara polisi adalah sejarah dan mereka telah disesuaikan dengan baik dengan kehidupan di Republik Federal. (Jajak pendapat menunjukkan mantan Jerman Timur lebih bahagia dengan unifikasi dan keadaan saat ini bangsa dari mantan Jerman Barat.)
Tapi ini tidak berarti warga ex-GDR pikir semuanya di Jerman saat ini hanya wunderbar. Ketika dihadapkan dengan snootiness Jerman Barat - sikap yang menggosok lebih dari sekedar bagian timur dengan cara yang salah kita-selalu-tahu-baik - mereka kadang-kadang bahkan pergi ke laut mencari apa yang mereka lewatkan tentang GDR, fenomena yang disebut Ostalgie dan cekatan diparodikan di penyanyi pop kai Neumann 2001 hit "Im Osten" ( "Di Timur") serta Wolfgang Becker 2003 Film Good Bye, Lenin!
Akhir pekan ini, Jerman merayakan 25 tahun sejak Tembok dilanggar, membuka jalan bagi reunifikasi Jerman.
Tapi ketika Chakly bertanya di sekitar lingkungan Chakly apa yang lebih baik di Jerman Timur, Chakly mendapat earful. Ini nostalgia yang baik, tapi tidak semuanya memegang ketika Kamu memeriksa catatan sejarah.

1. Perawatan Anak

Pembibitan yang baik dan pendidikan prasekolah yang paling teratur dipanggil dugaan perhiasan GDR ini. Ada jauh lebih banyak ibu yang bekerja di Jerman Timur daripada di Republik Federal dan ada bintik-bintik pembibitan gratis untuk setiap satu dari anak-anak mereka, mulai hanya beberapa minggu setelah lahir. Selain itu, Chakly diberitahu dengan nada bersikeras oleh guru sekolah pembibitan anak Chakly (seorang wanita tua dari Timur), bahwa orang tua menerima 1.000 tKamu timur per anak pada kelahiran, dan anak-anak mendapat sarapan gratis dan makan siang di pembibitan yang memiliki jam lagi (awal di 6:00) dan terbuka hari lagi daripada hari ini. Selain itu, semua anak-anak ternyata menerima hadiah Natal yang banyak sekali dari Erich Honecker, pemimpin Jerman Partai Persatuan Sosialis Timur 1971-1989, ketika Natal berguling-guling.
Model GDR memang terlihat menarik pada pandangan pertama, terutama mengingat kekurangan akut tempat pembibitan di Jerman hari ini, kekurangan jauh lebih diucapkan dalam Barat Jerman, di mana lebih sedikit perempuan bekerja dan ada terlalu sedikit pilihan penitipan. Jerman tidak memiliki 120.000 personel pembibitan - akibatnya, tidak diragukan lagi, dari upah total yang rendah yang mereka terima. (Di Jerman Timur, profesi dihormati dan, relatif, sopan kompensasi.)
Pembuktian

Dalam GDR, negara-lari dan pembibitan yang dibiayai - satu-satunya di kota, dengan pengecualian beberapa taman kanak-kanak gereja-dikelola - adalah lokasi dari tahap pertama negara indoktrinasi ideologis.
Dan itu diletakkan pada cukup tebal: Salah satu lagu anak-anak yang disetujui, misalnya, adalah "Chakly ingin menjadi Volkspolizist." anak-anak pembibitan sekolah-usia harus menggambar dari Grenzsoldaten (penjaga perbatasan dengan perintah tembak-untuk-membunuh). Pusat-pusat penitipan yang kaku, otoriter, dan bersemangat, diprogram untuk mendorong "kelompok-berpikir", bukan kreativitas.
Hukuman bisa menjadi berat, terlalu: berdiri di sudut, tidak ada makan siang, bahkan mungkin spankings. (Hari ini paling kejam seorang guru taman kanak-kanak Jerman mendapat berbicara dengan suara mengangkat.) Dan tidak heran ada tempat untuk setiap anak: Rasio dewasa ke anak hanya 1 sampai 9. Hari itu 1-6,3 di Jerman timur dan 1-3,8 di barat.

2. Daur Ulang

Daur ulang adalah bisnis penting di GDR, dan tidak pertama dan terutama untuk alasan lingkungan.
Negara tidak memiliki bahan baku dan bergantung pada daur ulang untuk menjembatani kesenjangan. Anak-anak bisa mengumpulkan botol, besi tua, atau kertas (serta kaleng aerosol, kantong kertas, buku, gelas, kamera film, aluminium foil, dan banyak lagi) dan dibayar untuk itu. Fans dari sistem lama mengatakan semua orang mengambil bagian dan itu jauh lebih baik terorganisir dibandingkan dengan model Jerman Barat yang berlaku sekarang untuk seluruh negeri - dan benar-benar tidak akan sulit untuk satu-up. Teman Chakly Kristin mengatakan kepada saya: "Pionir Muda dikumpulkan botol dan koran di lingkungan dan membawa barang-barang ke pusat pengumpulan Itu adalah cara yang baik untuk memanfaatkan baru barang lama, menciptakan perasaan masyarakat dan memberikan anak-anak kesempatan untuk mendapatkan. uang. Dalam dua jam, Kamu bisa mengisi troli Kamu dan mendapatkan 8 atau 10 tanda. untuk 8 tKamu Kamu bisa membayar untuk makan siang sekolah selama tiga minggu. "
Pembuktian

Begitu lembaga GDR bertugas daur ulang berhenti membayar pada tahun 1990, volume bahan itu dikumpulkan menukik sebesar 90 persen. Segera setelah itu, ia terpaksa menutup semua 16.000 pusat daur ulang dan api 11.000 staf.

3. Bockwurst, putih-tepung roti, mustard dari Bautzen, Sungai Spree acar

Siapa yang tidak pernah mendambakan untuk makanan dari masa kecil mereka ini?
Masakan di Jerman utara ada untuk gagak tentang - baik di timur maupun barat. khusus Berlin adalah hot dog goreng disiram saus tomat dengan daya kari dibuangdi atas. Tapi Ossies mengatakan sosis GDR yang enak dan masih hari ini bersumpah bahwa yang terbaik datang dari wilayah Thuringia selatan dari Berlin.
Pembuktian

Produk daging dari Thuringia yang lezat, terutama untuk Amerika yang dibesarkan dengan omong kosong dan roti zaitun. Tetapi kenyataannya adalah, Kamu bisa mendapatkan hampir semua produk GDR hari ini di hampir setiap supermarket atau khusus toko, bahkan jika mereka diproduksi sekarang oleh swasta bukan perusahaan milik negara.
Apa yang Chakly ingat tentang Jerman Timur Bockwurst tidak daging tetapi potongan tipis roti putih basi dibuat dengan tepung murah yang datang dengan itu - dan bahwa biaya sekitar seperempat.

4. Jokes yang lucu

Orang di seluruh Eropa Tengah dan Timur mengatakan lelucon terbaik yang ditujukan pada rezim komunis dan dengan demikian memiliki sesuatu yang subversif tentang mereka. Dalam GDR, gagang tertawa sering Erich Honecker, kekurangan bahan, Partai Komunis, dan Jerman Barat. Berikut ini salah satu: Mengapa tidak ada perampokan bank di Jerman Timur? Karena Kamu harus menunggu 12 tahun untuk mobil get-pergi! Satu lagi: Apa perbedaan antara rubah dan Wessi? rubah pintar dan berpura-pura menjadi bodoh - dengan Jerman Barat itu sebaliknya!

Pembuktian

Okay, mungkin ini tidak tertawa terbahak-bahak, tapi Ossi tiang gantungan humor tidak mati dengan GDR. Berikut ini salah satu dari pos-Wall Jerman:
The Ossi ke Wessi: "Kami salah satu bangsa!"
The Wessi ke Ossi: "Ya, jadi kita!"

5. Bank Sumber ASI

wanita menyusui di GDR bisa menyumbangkan susu untuk ibu yang tidak bisa menghasilkan sendiri karena bayi lahir prematur atau ibu yang sakit. Ada stasiun ASI di setiap kota, yang akan mengambil susu dipompa (sering dengan sepeda) dan membayar keluarga untuk itu. 1989 merupakan tahun rekor: GDR ibu menyumbangkan 200.000 liter susu. Jerman Barat tidak ada yang sebanding. Ibu yang tidak bisa menghasilkan digunakan susu bertenaga - yang ada di timur, juga, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil. Semua kecuali segelintir bank susu ditutup pada tahun 1990.
Pembuktian

Apakah ini adalah setiap yang baik untuk memulai dengan yang dilombakan medan. Tentu saja, tidak ada yang bisa lebih sehat untuk bayi dibandingkan susu ibu. Tapi hanya jika kondisi sepenuhnya higienis dan susu disumbangkan tidak membawa penyakit, seperti hepatitis dan HIV.
Rupanya, ini tidak begitu mudah untuk menguji, yang mengapa beberapa dokter sekarang mengarahkan pasien jauh dari itu. Namun demikian, Kamu tidak perlu tinggal di negara komunis untuk berbagi ASI dengan tetangga Anda. Sekarang ada 15 ibu bank susu di Jerman bersatu.
Di Perancis dan Skandinavia, mereka telah menggunakan bank susu selama beberapa dekade.

6. Nudisme

Jika berenang telanjang adalah gairah Anda, GDR pasti akan menjadi tempat untuk Anda. Tidak ada yang mengedipkan mata di pantai Laut Baltik atau di Mecklenburg Lake Region ketika seluruh keluarga, kelas SMP, tetangga sebelah, dan tukang pos semua dipreteli untuk berjemur, berenang, dan setelah itu mungkin bahkan sebuah putaran kuat beberapa telanjang ping-pong. Tradisi ini berakar di sayap kiri, budaya avant-garde dari tahun 1920-an. Untuk satu, itu di-wajah Anda, anti-borjuis dan, kedua, itu radikal egaliter (pakaian, jadi tegang!): Dalam setelan ulang semua orang adalah sama ... Ada kamp, ​​peternakan, dan paket liburan yang
sangat populer - bukan hanya di kalangan nudis hard-core.
Pembuktian

Nudisme mungkin tidak cukup menggila di sini seperti dulu, tapi masih ada dunia yang berbeda antara cara yang paling Eropa dan non-Eropa berurusan dengan tubuh telanjang. Di bagian timur Jerman saat ini, Kamu masih mempersiapkan diri untuk melihat beberapa kulit yang serius harus Kamu musim panas sepanjang salah satu saluran air. Selain itu, Ossi akar nudist atau budaya politik tidak semata-mata kiri, anyway. Semuanya kembali ke alam adalah masalah besar bagi Nazi, juga.
Hanya melihat mayat-mayat di film Leni Riefenstahl seperti Triumph of the Will dan Olympia.

7. Model Perempuan

Beberapa perempuan menunjukkan kepada Chakly bahwa model GDR tidak waifs anoreksia atau bom seks yang lebih besar dari kehidupan tetapi wanita agak rata-rata. Tidak ada Jerman Timur Kate Moss. Bahkan, banyak yang tidak profesional sama sekali tapi model hobi.
Membalik melalui salinan tua beberapa majalah seperti Für Dich (Untuk Anda) dan Modische Maschen (Jahitan Fashionable) sebagian besar pakaian terlihat dowdy dan, memang, model wanita sehari-hari - meskipun, secara alami, di sisi cantik. Mereka tentu memakai kurang make up dan menunjukkan kulit kurang dari yang di Vogue. Tidak ada tips seks, tetapi lebih menekankan pada politik bekerja, ibu, dan partai. Untuk semua budaya tubuh jangak mereka, itu semua bagi Chakly pemalu sebagai sangat.
Pembuktian

Majalah wanita GDR Sibylle adalah di liga dengan sendirinya dan terjebak tidak selera mode lusuh GDR ini juga model-Jane polos. Bahkan, mendorong batas-batas ketika datang ke mode dan dianggap samar-samar oposisi untuk melakukannya. Dan meskipun model mungkin tidak mencemooh seksualitas, skaters angka yang dibuat untuk itu. Ada yang ingat Katarina Witt di Olimpiade Musim Dingin 1988?

8. Solidaritas Komunal.

The Ossies sering merujuk kembali ke waktu ketika itu tidak setiap pria atau wanita untuk dirinya sendiri. Mereka mengatakan ada perasaan lebih kuat dari persahabatan dan identitas kolektif di hari tua - itu tidak nasionalisme Jerman. Satu tahu tetangga seseorang dan mengobrol dengan mereka, misalnya. Ini dihancurkan oleh uang-pertama, bisnis-über alles-neo-liberalisme, kata mereka.

Pembuktian

Chakly ingat lega, setelah Wall jatuh, dari mereka yang tidak sesuai dengan parameter yang sangat sempit negara yang mereka digambarkan dalam hal kontrol-aneh obsesif. Entah kenapa, mereka beberapa hari ini orang yang sama yang mengatakan mereka kehilangan solidaritas GDR. Dan itu bukan hanya polisi rahasia, bos pabrik, dan pendidik yang seluruh punggung mereka melainkan tetangga mereka dan rekan kerja. Jika Kamu tidak cocok, Kamu orang buangan. Selain itu, cemburu marak di negara di mana begitu banyak uang dan barang konsumsi berasal dari luar ekonomi resmi, baik itu dalam bentuk tunjangan bagi rezim-loyal atau perawatan paket untuk orang-orang dengan kerabat di Barat. Terakhir, tentu saja, ada polisi rahasia, Stasi, yang telah merekrut beberapa ratus ribu "kolaborator resmi" dari populasi, yang menciptakan suasana ketakutan, ketidakpercayaan, dan paranoia - tidak masyarakat atau solidaritas. Beberapa, tentu saja, tidak memiliki nostalgia apapun. Aku bertanya tetangga Chakly Gerd Poppe, pembangkang di Jerman Timur dan salah satu jiwa-jiwa pemberani di balik gerakan demokrasi yang akhirnya menggulingkan rezim, apa yang ia merindukan kehidupan sebelum jatuhnya Tembok Berlin. Tidak sedikit pun, dia menjawab. Setiap aspek dari sistem diimbuhi dengan ideologi kediktatoran, mengatakan lawan teguh rezim dari jalan kembali. Tidak ada aspek itu dibayangkan luar parameter dari partai tunggal negara. Tidak ada yang ketinggalan tentang GDR, bahkan jika semuanya di Jerman bersatu tidak selalu wunderbar.

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tidak Ada Perbincangan Ke "8 Hal Menarik yang Ada di Negara Tembok Berlin Jerman"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6