Cara Membuat Suatu Hal Menjadi Viral di Internet

Gambaran Viral

Kita semua tentu saja menginginkan aplikasi kita menjadi viral yang membuat virus bagi semua orang, namun faktor mana yang menjadi fondasi pertumbuhan eksponensial? Mari kita perjelas satu hal:

Aplikasi Kamu tidak akan terkena virus secara tidak sengaja

Kebanyakan aplikasi yang sukses memiliki strategi viral yang telah dipikirkan dengan baik sejak awal.

Koefisien Viral

Untuk membuat konsep 'Viral' atau 'virality' atau juga kita sering menyebutnya "Heboh"  sedikit lebih konkret, karena

"berapa banyak pelanggan baru yang akan menggunakan produk tersebut sebagai Sebuah konsekuensi dari setiap pelanggan baru yang mendaftar. "

Bila aplikasi Kamu memiliki koefisien viral lebih besar dari 1, aplikasi akan menghasilkan pertumbuhan eksponensial. Bila aplikasi Kamu memiliki koefisien viral kurang dari 1, aplikasi Kamu akan menyebabkan hampir tidak ada pertumbuhan sama sekali! Meskipun ini masuk akal, bagaimana Kamu bisa mengukurnya?

Tanpa membahas terlalu banyak, inilah rumusnya:

Koefisien Viral = N x P1 x P2
N = jumlah rata-rata pengguna baru yang diundang oleh pengguna aktif
P1 = proporsi pengguna yang diundang yang menjadi pengguna aktif
P2 = Proporsi pengguna yang mengajak orang lain
Satu variabel yang hilang di sini adalah waktu .  Apa yang ingin Kamu ketahui adalah dalam rentang waktu berapa pengguna berbagi aplikasi Kamu di jaringan pribadi mereka.

Untuk berbicara tentang virality, Kamu memerlukan aplikasi Kamu untuk dibagikan seperti api.
Pertanyaan besarnya sekarang adalah
'Bagaimana menuju ke sana?'

Jika Kamu ingin N, P1 dan P2 Kamu tumbuh, aliran aplikasi Kamu harus dirancang dengan baik, dengan strategi viral yang dibangun di awal dari yang benar. Asalkan  satu  pesannya, jangan  membagikan  hal  yang  Bohong  atau  Hoax  karena  selain  merugikan,  juga  kamu  akan  mendapat  Dosa  okay?
((
___; )
(6

Membangun Aplikasi dengan Viral Loop

Sebelum sampai ke putaran virus, pastikan Kamu memiliki dasar-dasar yang benar. Saat pertama kali membuat aplikasi Kamu ( di tahap MVP ), Kamu akan dihadapkan pada pertanyaan utama terkait kelayakan aplikasi Kamu. Ini memaksa Kamu untuk memikirkan niche Kamu dan nilai (unik) yang akan Kamu berikan kepada audiens Kamu.
Singkatnya, pastikan aplikasi Kamu memecahkan masalah dan itu memberi nilai bagi penggunanya.  Nilai keseluruhan aplikasi Kamu akan meningkat seiring semakin banyak orang bergabung, sehingga meningkatkan kelangsungan hidup jangka panjangnya.

Mari kita gambarkan ini dengan sebuah contoh di dunia offline   atau  kehidupan  nyata (Non Dumay) yang kita semua kenal saja  yaa,

Sebuah pesta

Tentu Kamu ingin pesta Kamu 'Meriah dan viral'!
"Silakan datang ke pesta saya" bukan pesan mantap  yang bagus untuk virality. Meskipun demikian, jika Kamu memberi tahu orang-orang

" Pesta ini sangat menakjubkan, mari kita undang teman kita, mereka tidak dapat melewatkan ini!" ,
Kami bergerak mendekati pesan virus. Hasilnya adalah pesta akan semakin goyang karena semua teman Kamu (dan juga teman mereka) ada di sana. Sebagai konsekuensinya, pertumbuhan eksponensial berikut akan terjadi:

"Sekarang semua teman saya ada di sini, pesta ini bahkan lebih menakjubkan lagi, kita akan memiliki waktu terbaik, jadi mari mengundang lebih banyak teman!"

Bahkan dari kalimat terakhir, Kamu akan melihat ada lingkaran yang telah dibuat, sebuah lingkaran virus!

Pada tahap ini, ini semua tentang nilai tambah. Hanya saat Kamu mencapai lingkaran yang dapat ditindaklanjuti ini yang mendorong pengguna membuat lebih banyak pengguna, yang meningkatkan keterlibatan dan pengguna yang ada , dapatkah kami
berbicara tentang viral loop. Karena semakin banyak orang terus mengundang orang lain dan pengguna baru tersebut menghabiskan lebih banyak waktu untuk terlibat, nilai keseluruhan aplikasi Kamu maka akan terus meningkat.

Gunakan WhatsApp

WhatsApp adalah contoh bagus dari sebuah aplikasi dengan nilai meningkat seiring jumlah orang yang menggunakan aplikasi ini berkembang biak.

Jika aplikasi Kamu memiliki kemampuan untuk mendorong lebih banyak orang untuk menggunakannya, hasilnya adalah pengguna Kamu melakukan semua pemasaran untuk Kamu. Aplikasi dengan viral loop sangat mengurangi biaya perolehan pengguna.

Reward Your Users for Sharing

Ada banyak fitur yang dapat diimplementasikan ke dalam strategi viral, namun yang paling diabaikan sebenarnya adalah membangun proses ke aplikasi Kamu yang memberi penghargaan kepada pengguna Kamu untuk berbagi.

"Beri pengguna alasan untuk berbagi, Mereka adalah tim pemasaran terbaik Kamu. "

Berbagi aplikasi tidak membuat aplikasi Kamu menjadi virus dengan sendirinya, namun menawarkan kepada pengguna fitur spesifik yang mereka nilai sebagai pertukaran untuk mengundang teman mereka adalah cerita yang berbeda sama sekali. Ada insentif yang jelas dalam hal ini. Pastikan selama tahap perancangan Kamu menyimpan beberapa fitur strategis atau konten eksklusif khusus untuk pengguna berbagi Kamu.

Ketika sampai pada permainan, sangat mudah menerapkan jenis insentif atau penghargaan ini.
Permainan seharusnya sudah memiliki aspek adiktif

  jadi bayangkan apa yang terjadi saat Kamu memasangkannya dengan dorongan menarik untuk berbagi permainan dengan teman Kamu!

Candy Crush Saga

Yang populer mengoptimalkan potensi bagian 'Game Over' secara maksimal: Kamu memerlukan bantuan dari teman-teman untuk mendapatkan lebih banyak "kehidupan ".

Bagikan ke facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+
Bagikan ke LinkedIn

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tags:
Author Image

About Chakly Raflesia

Tidak Ada Perbincangan Ke "Cara Membuat Suatu Hal Menjadi Viral di Internet"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6