Lupa Mimpi? Mungkin Cara ini Bisa Membantu Kamu Buat Mengingatnya Kembali

Geegle  HayoOCara Mengingat Mimpi
Ada berbagai teori tentang mengapa kita mimpi, bagaimana kita mimpi'in, dan makna apa yang bisa dibisakan dari mimpi. Banyak orang percaya bahwa mimpi bisa kasihin pengetahuan buat kehidupan dan perasaan kita. Masalahnya adalah mimpi sulit buat diingat. Dengan usaha yang disengaja, Kamu bisa lebih banyak mengingat mimpi dengan detail yang lebih luas.

Metode 1 dari 3:

{Sebelum Tidur
Rencanain agar bisa tidur nyenyak}
Mimpi muncul saat tubuh berada dalam fase tidur yang dikenal dengan REM, yaitu singkatan dari Rapid Eye Movement (Pergerbakal Mata yang Cepat). Tubuh beristirahat, namun pikiran tetap aktif bekerja dengan mimpi. Jika Kamu tidak tidur nyenyak di malam hari atau tidur Kamu sering terganggu, Kamu hanya mengalami sedikit REM dan mimpi. Cobalah buat tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun di waktu yang sama setiap pagi, buat memastikan Kamu memperoleh kualitas istirahat yang baik.
Kebanybakal orang perlu tidur antara 7-9 jam setiap malam buat mencapai jumlah istirahat yang baik. Orang yang tidur kurang dari enam jam susah buat mengingat mimpi. Mimpi yang terjadi lebih lama dan jelas muncul kemudian di dalam siklus tidur.
Ciptbakal kondisi tidur yang tenang. Hindari kebisingan dan gangguan yang bisa mengganggu Kamu buat tidur nyenyak. Gunakan penyumbat telinga jika perlu dan pastikan Kamu memasang gorden tebal yang bisa menghalangi cahaya dari luar.
Letakkan buku tulis dan pulpen atau pensil di tempat yang mudah dijangkau dari tempat tidur. Pilihan yang paling baik adalah buku dengan kertas kosong tanpa desain atau gambar-gambar yang bisa mengganggu. Gunbakal buku tulis ini hanya buat mencatat mimpimu.
* Sebelum tidur, pastikan buku tersebut dalam keadaan terbuka di mana Kamu bisa langsung menulis sehingga tidak perlu mencari halaman kosong ketika bangun.
* Letakkan selalu pulpen di tempat yang sama sehingga Kamu tidak perlu mencari-cari.
* Cara lain buat mencatat mimpi adalah dengan meletakkan alat perekam di dekat tempat tidur atau di bawah bantal sehingga Kamu bisa menceritakan secara lisan apa yang terjadi dalam mimpi.
* Pasang alarm dekat tempat tidur. Jika Kamu harus bangun dari tempat tidur buat mematikan alarm, Kamu mungkin bakal lupa apa yang sedang dimimpikan.
* Pasang alarm agar berbunyi setelah Kamu tidur cukup. Usahakan buat nggak pake alarm radio, karena iklan dan obrolan di siaran pagi radio bakal mengganggu Anda.
[1]
* Jika Kamu bisa bangun tanpa alarm, Kamu tak perlu khawatir buat mematikannya.
Jika memungkinkan, gunain cara yang lebih halus agar bisa bangun. Mintalah seseorang buat membangunkan Kamu pelan-pelan dan tanpa harus berbicara pada Kamu atau pasanglah timer dekat lampu meja di kamar. Banyak orang yang mudah mengingat mimpinya jika tidak menggunakan alarm.
* Tempelkan kertas post-it note dengan tulisan “Mimpi apa kamu semalam?” atau semacamnya dengan huruf besar. Jadi hal pertama yang Kamu lihat ketika membuka mata adalah tulisan itu (dan juga mematikan alarm).
Jangan mbakal, minum minuman alkohol, atau minum obat sebelum tidur. Zat kimia dalam makanan, alkohol, dan obat bisa mempengaruhi kemampuan otak buat mengingat mimpi.
* Cobalah buat tidak menelan apapun minimal beberapa jam sebelum tidur, sehingga tak ada sesuatu yang mengganggu ingatan atau pola tidur Anda.
Tenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur.
"Apakah otak Kamu sering sibuk berpikir sebelum tidur?"
Memiliki banyak pikiran yang menegangkan di kepala bisa membuat Kamu sulit mengingat mimpi yang memerlukan konsentrasi yang mendalam. Sebelum tidur, biarkan pikiran santai dan terbebas dari masalah-masalah berat. Biarkan pikiran mengalir dengan tenang ke dalam tidur.

Jangan letakkan ponsel atau laptop di atas tempat tidur. Mengirim email dan mengecek SMS sebelum tidur tak bisa membuat pikiran menjadi jernih
Cobalah buat melakukan meditasi atau menggunbakal teknik klasik menghitung domba buat membebaskan pikiran[2]

* Pikirkan masalah utama atau persoalan emosional tepat sebelum tidur. Pikirkan secara mendalam tentang suatu situasi tanpa harus memaksbakal diri buat menbisbakal solusi atau kesimpulan. Pikirkan saja bahwa masalah bakal membuka pintu, dalam artian, menuju mimpi yang lebih jelas buat diingat dan mimpi tersebut mungkin bisa menawarkan lebih banyak wawasan terkait dengan masalah yang sedang dihadapi. [3]

Metode 2 dari 3:

{Pagi Sesudah Bangun Tidur}

Berkonsentrasilah buat mengingat mimpi segera setelah bangun tidur. Biasanya, Kamu hanya bisa mengingat mimpi terakhir sebelum bangun. Jangan bergerak dan melakukan apapun. Tetaplah berada di posisi yang sama saat bangun tidur dan cobalah buat mengingat mimpi sebanyak mungkin sebelum memikirkan hal lain.
* Pikirkanlah mimpi tersebut mulai dari awal hingga akhir.
Saat sedang mengingat mimpi, fokuskan pandangan pada objek pertama yang Kamu lihat ketika membuka mata. Pandanglah objek tersebut, fokuskanlah. Objek tersebut bakal paling banyak mengambil ingatan tentang mimpi yang tak jelas ke suatu tempat dalam ingatan di mana hal tersebut lebih mudah buat diingat detailnya. Tombol pintu, bola lampu, atau paku di dinding, bakal membantu Kamu buat masuk ke dalam ingatan tentang apa yang telah Kamu alami saat tidur.
* Tulislah mimpi dalam buku catatan mimpi. Catat mimpi Kamu sebanyak mungkin, mulailah dengan garis besar yang meliputi hal-hal kayak lokasi mimpi, alur dasar, karakter, emosi keseluruhan dari mimpi (apakah Kamu takut atau senang di dalam mimpi itu), dan berbagai gambaran yang menonjol yang bisa Kamu ingat.
Jika Kamu bisa mengingat percakapan, Kamu boleh menuliskannya terlebih dulu, karena kata-kata dalam mimpi mudah terlupbakal.
* Catat segala sesuatu yang bisa Kamu catat, sekalipun Kamu hanya bisa mengingat satu gambaran saja. Ketika Kamu sudah menbisbakal dasar-dasarnya, bakal lebih banyak ingatan tentang mimpi yang menghampiri Anda.

{Jika Kamu tidak bisa mengingat apapun tentang mimpi Anda}
tuliskan terlebih dulu hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat bangun tidur. Hal tersebut mungkin berhubungan dengan mimpi dan membangkitkan ingatan tentang mimpi.
* Tuliskan juga bagaimana perasaan Kamu saat bangun tidur. Emosi yang Kamu alami dalam mimpi bakalan tertinggal, setidaknya buat sesaat, ketika Kamu bangun. Jadi jika Kamu bangun dalam keadaan cemas atau gembira, tanybakal pada diri sendiri mengapa begitu.
* Tingkatkan jumlah mimpi yang bisa Kamu ingat dengan sering-sering bangun di malam hari. Kita memiliki beberapa siklus REM di malam hari dan bakal bertambah panjang menjelang pagi.

{Jika Kamu hanya mencatat mimpi terakhir yang dialami sebelum bangun di pagi hari}

Maka ada lebih banyak mimpi yang mungkin tidak Kamu ingat. Hal yang selalu menggoda adalah kembali tidur ketika bangun tengah malam, namun gunakan kesempatan ini buat mengingat apa yang sedang Kamu mimpikan sebelum Kamu tidur, karena kemungkinan besar Kamu tidak bakal mimpi yang telah dialami keesokan paginya.
Karena Kamu biasanya hanya mengingat mimpi terakhir yang Kamu alami, Kamu bisa mengingat lebih banyak mimpi dengan bangun beberapa kali sepanjang malam. Kita mengalami siklus tidur kira-kira setiap 90 menit, sehingga Kamu mungkin merasa produktif buat mengatur alarm buat membangunkan Kamu setiap 90 menit sekali (kayak 4,5, 6, atau 7,5 jam) setelah Kamu ingin tidur.

{Mimpi di pertengahan malam}
biasanya lebih panjang dari pada mimpi saat Kamu pertama kali mulai tidur. Jadi, Kamu mungkin ingin menunggu sampai setidaknya 4,5 jam sampai alarm secara sengaja membangunkan Anda.
Cara ini hanya direkomendasikan buat orang-orang yang bisa menbiasakan tidur cukup dan mudah tidur. Untuk mereka yang tidak kayak itu, abaikan langkah ini.

Metode 3 dari 3:

{Untuk Sepanjang Hari Berikutnya}

Bawalah buku catatan atau perekam suara sepanjang hari. Seringkali sesuatu yang Kamu lihat atau dengar pada hari itu bakal membangkitkan ingatan tentang mimpi di malam sebelumnya.
* Perhatikan ingatan-ingatan ini dan jangan ditunda. Pikirkan ingatan tentang mimpi itu buat mengetahui kalau saja Kamu bisa mengingat apakah ingatan tersebut sesuai dengan mimpi lainnya. Cara ini juga bisa membantu buat terus lanjut berpikir tentang mimpi tersebut sepanjang hari.

{Kembali ke tempat tidur dan berbaringlah}

Kadang-kadang ingatan bisa dibangkitkan ketika Kamu mengasumsikan posisi fisik yang sama dengan saat Kamu sedang mimpi'in. Cobalah buat meletakkan kepala di tempat yang sama di atas bantal, aturlah tubuh pada posisi yang sama, dan pejamkan mata. Jika mimpi terlintas dalam pikiran, pikirkanlah sebelum Kamu bangun buat menuliskannya.
Membuka mata dan memandang suatu objek yang pertama Kamu lihat saat bangun dari tempat tidur mungkin bisa membantu.
Usahalan buat nyiptain atmosfer yang sama di dalam ruangan. Tutup gorden, matikan lampu, dan hindari kebisingan.
Lakukan lagi di malam berikutnya.

{Mengingat mimpi membutuhkan usaha dan latihan}

Semakin sadar Kamu dengan mimpinya, maka semakin mudah buat mengingatnya pula. Lakukan kebiasaan buat mengingat mimpi Kamu dan menuliskan terlebih dulu mimpi tersebut sebagai hal pertama yang Kamu lakukan saat bangun tidur. Lama kelamaan proses tersebut bakal menjadi lebih mudah. .

{Perhatikan pola mimpi}

Pada akhirnya, Kamu bakal menemukan faktor-faktor apa yang bisa membantu buat mengingat mimpi. Cobalah buat memperhatikan pola yang berhubungan dengan waktu Kamu pergi tidur dan bangun di pagi hari, temperatur kamar, dan apa yang Kamu makan saat malam hari. "Apakah ada dari faktor-faktor tersebut yang tampaknya mempengaruhi kemampuan Kamu mengingat mimpi?"

{Tips
Ketika mencatat mimpi}

ingatlah bahwa pencatatan tersebut bersifat pribadi. Jangan catat mimpi hingga terkesan masuk akal bagi orang lain karena kemungkinan Kamu mengubah kejadian dalam mimpi sehingga lebih mudah dipahami orang lain. Tuliskan selalu apa yang Kamu anggap sebenarnya dan bukan apa yang masuk akal.
Ketika mencatat mimpi, maka lebih mudah buat mengingatnya jika Kamu menuliskannya (atau berbicara) seolah-olah dalam kondisi sekarang (Gunakan kalimat “aku bakal pergi” dan bukan “kemarin aku pergi”).
Lebih baik lagi, jangan ada cahaya sama sekali saat tidur, karena cahaya bakal membuat Kamu lebih sulit buat mengingat mimpi. Letakkan pulpen dan kertas di tempat yang mudah dijangkau dan Kamu pun tidak perlu membuka mata (hati-hati jangan sampai tertidur lagi). Dengan latihan, Kamu bakal semakin lancar menulis tanpa melihat kertas.
Jika Kamu memiliki mimpi yang sama pada hari berikutnya atau minggu berikutnya, tuliskan juga mimpi tersebut. Sebuah mimpi yang terjadi berulang-ulang adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Mimpi tersebut mungkin memiliki makna khusus.
Sebagai aternatif, Kamu juga bisa menggunbakal senter kecil buat membantu merekam mimpi di malam hari. Tutuplah lensa senter dengan tiga lapis selotip sehingga Kamu bisa melihat catatan dengan mudah di malam hari, namun juga tidak terlalu terang sehingga Kamu tidak mudah buat memejamkan mata.

{Minumlah vitamin B6 sebelum tidur}

Cara ini bakal membuat mimpi menjadi lebih jelas.
Beberapa lagu bakal membuat mimpi tetap tertanam dalam ingatan dalam waktu lama. Cobalah buat mendengarkan musik sebelum tidur dan lihat hasilnya!
Jika Kamu adalah orang yang suka berbicara saat tidur, Kamu bisa merekamnya menggunakan kamera video atau ponsel. Kamu juga bisa menggunakan perekam suara. Putarlah alat perekam setelah Kamu menuliskan apa yang Kamu ingat. Cara ini bakal membangkitkan ingatan tentang mimpi yang Kamu alami dan mimpi yang tidak bisa diingat ketika pertama kali bangun tidur.
Jika ada komputer atau perangkat mobile di dekat Anda, masuklah ke situs yang mempublikasikan mimpi kayak    Uprophecy    atau    Dream Moods    di mana Kamu bisa menggunakannya buat merekam mimpi.
Catatlah dengan tepat apa yang terjadi tanpa mencoba buat membuat mimpi menjadi masuk akal. Misalnya, jika mimpi Kamu di mulai dari dalam rumah dan kemudian Kamu menemukan diri Kamu berada di hutan, hindari godaan buat mengasumsikan diri Kamu berjalan ke luar rumah. Mimpi yang asing dengan pengalaman sehari-hari bisa hilang jika Kamu mencoba buat mengaplikasikan logika pada kejadian itu.

{Setelah Kamu mengingat sebagian besar mimpi}

cobalah buat mengaturnya sesuai urutan yang benar. Hal ini bakal membantu, karena lebih mudah buat mengingat sesuatu jika Kamu tahu apa yang terjadi pertama kali dan selalu menuliskannya terlebih dulu.
Jika Kamu sudah mimpi'in dan ingin mengingatnya, jangan khawatir. Ketika Kamu sedang mimpi'in, Kamu berada dalam pikiran yang berbeda. Cobalah buat melakukan

{lucid dreaming (kesadaran bahwa Kamu sedang mimpi)}

Ketika Kamu berada dalam pikiran ini dan Kamu melakukan lucid dreaming, kadang-kadang Kamu memiliki kemampuan buat mengingat mimpi lama Anda! Pikirkanlah seolah-olah Kamu memiliki bagian otak yang menyimpan mimpi dan Kamu hanya bisa mengaksesnya dengan mimpi.
Beberapa makanan kayak almond dan cheri bisa membuat mimpi menjadi lebih jelas. Semakin jelas mimpi, maka bakal semakin mudah Kamu mengingatnya. [4] [4]

{Hal-hal yang Harus Diperhatikan
Jika Kamu memiliki masalah tidur}
atau sulit buat tidur cukup, jangan mencoba buat merekam mimpi di tengah malam. Kembalilah buat tidur lagi.
Hati-hati menginterpretasikan mimpi. Interpretasi mimpi bukanlah ilmu sains, jadi jangan membuat kesimpulan dan jangan menempatkan terlalu banyak kepentingan pada mimpi. Misalnya, mimpi tentang kematian bukan berarti bahwa seseorang bakal mati atau sesuatu yang buruk bakal terjadi.

{Jadi Hal yang Kamu Butuhkan :}

* Alat buat Mencatat
* Alat buat membangunkan Kamu (lebih baik yang bisa membangunkan Kamu pelan-pelan)
* Perekam suara / Video(opsional)

Selamat mencoba, Dan semoga sekarang kamu akan mulai untuk bermimpi Indah yang selalu di ingat bahkan menjadi Sebuah Inspirasi bagi KehidupanMu...
((
___; )
((

Bagikan ke facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+
Bagikan ke LinkedIn

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tags:
Author Image

About Chakly Raflesia

Tidak Ada Perbincangan Ke "Lupa Mimpi? Mungkin Cara ini Bisa Membantu Kamu Buat Mengingatnya Kembali"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6