Geger Ibu Bernama Maria Sae Mengaku Berhasil Menangkap Tuyul dengan Menjebaknya

Balikan layar ke kiri dan coba perhatikan!

Maria Sae (45), warga RT 20 Desa Binilakat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur akhirnya berhasil menangkap makluk yang disebutnya tuyul di atas peti tempat menyimpan uang sekolah anaknya.

Makhluk itu sebelumnya sempat mencuri uang Rp 200 ribu.

Gara-gara hal ini, rumahnya ramai didatangi warga yang ingin melihat langsung ‘makhluk’ tersebut.

“Saya tangkap makhluk tuyul itu hari Kamis (4/1/) kemarin jam 16.30 Wita, di atas peti tempat simpan uang sekolah anak saya ini,” kata Maria, Jumat (5/1/2018) di rumahnya sambil menujukan peti tersebut.

Dia mengaku bisa menangkap tuyul itu karena membuat jebakan atas usulan sejumlah warga dan kerabat ketika dia mengeluh kehilangan uang.

Jebakan yang dipakai adalah sepotong cermin yang ditempatkan di bagian atas kotak uang.

Kemudian di samping kanan kotak disimpan beberapa butir kelereng, di bagian kiri kotak disimpan karet gelang yang biasa dipakai anak-anak bermain.

Sementara, di bagian dalam kotak uang ditaburi lada.

Hasilnya, kata ibu yang bekerja serabutan itu, tuyul berhasil ditangkap.

Menurutnya, saat ditangkap tuyul tersebut sedang asyik bermain dengan cermin.

“Si tuyul melihat wajahnya di cermin dan menyangka temannya. Saya datang dia lagi asyik bermain dengan berdiri di atas peti uang yang masih tertutup,” kata Maria.

Setelah ditangkap, si tuyul tidak melawan, namun hanya menyusutkan dirinya menjadi sekecil bayi tikus.

Si tuyul lalu digenggam erat oleh Maria.



“Saya lalu memanggil suami saya dan memperlihatkan makluk itu dan karena suami saya bilang tuyul maka langsung dimasukkan dalam sebuah botol bekas sirup,” katanya.

Maria awalnya sadar uangnya hilang jelang Natal 2017.

Uang yang sebelumnya berjumlah Rp1 juta dengan pecahan 100 ribu tersisa Rp900 ribu.
 
Kotak Peti uang milik Maria

Warga yang penasaran ingin melihat rupa si tuyul.

Maria merasa aneh karena peti tempat penyimpan uang itu terkunci.

“Saya curigai suami saya yang telah menyolong uang itu. Saya pun membatalkan niat membeli ayam,” katanya.

Uangnya hilang lagi

Tanggal 28 Desember 2017, sejumlah kerabat menginisiasi akan membuat acara tutup tahun bersama.

Setiap kepala keluarga diminta sumbangan Rp100 ribu.

Saat hendak mengambil uang, ternyata uangnya kembali berkurang Rp100 ribu.

“Saya lalu berpikir tidak mungkin suami saya yang ambil. Yang pegang kunci kotak itu saya masa suami saya ambil,” katanya.

Akhirnya kecurigaan tertuju kepada tuyul.

“Makanya atas saran kerabat jebakan itu saya buat dan akhirnya bisa ditangkap,” katanya.

Rumah pasangan keluarga pekerja serabutan itu sejak Kamis kemarin hingga Jumat terus didatangi warga untuk melihat makluk itu.

Berbagai komentar bermunculan. “Ini bukan tuyul tapi ini sejenis kurcaci namun ‘kerja’ mereka sama yaitu menyolong duit orang atas perintah ‘tuan’ yang memeliharanya,” kata seorang warga Mesak Bia Lenggu.


Artikel Terbaik Serupa: