Semua tentang Ayam [All About Problem on Chock]

All About Chock

Keunggulan Ayam Saigon

Ayam Saigon adalah satu satunya ayam aduan yang mempunyai tulangan paling tebal dan keras di antara ayam aduan lainnya, dengan ukuran lebih besar antara ukuran 7 sampai 8 bahkan juga di temui ukuran mencapai 9. Ayam saigon ini mempunyai pukulan keras dengan gaya tarung yang kurang lincah namu mempunyai ketangguhan dan daya tahan dalam menerima pukulan yang tangguh. Gaya tarung ayam saigon ini bisa dikatakan kurang cerdas atau kurang pintar. Ayam saigon ini terbagi 2macam dari ayam saigon gundul sampai ayam saigon yang berbulu halus. Untuk ayam saigon gundul mempunyai tulangan lebih tebal, namun gerakannya lebih laban. Sedangkan ayam saigon yang berbulu mempunyai tulangan sedikit lebih tipis dibandingkan ayam saigon yang tidak berbulu (gundul) namun lebih tebal dari ayam bangkok. Ayam saigon ini juga kebanyakan mempunyai akurasi pukulan yang bagus dibandingkan ayam saigon gundul. Namun keduanya memiliki kesamaan tentang kekakuan leher sehingga ayam ini dikatakan kurang lincah dalam menghindar sehingga sering menerima pukulan lawan.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.17 1 Perespon:

Kategori: Ayam Burma

Keunggulan Ayam Burma

Ayam Burma asli mempunyai ukuran antara 5 sampai 6 dengan tulang yang kurang bagus dan tipis seperti ayam kampung biasa. Namun ayam burma ini mempunyai kecerdasan dan kelicikan yang luar biasa yang kebanyakan mengandalkan pukul jalu atau taji dengan akurasi yang tepat dan cepat. Namun ayam burma ini tidak mampu menerima pukulan keras. Untuk membuat aya burma sebagai ayam aduan hendaknya para penggemar ayam aduan harus teliti. Ayam burma yang bagus mempunyai pukulan taji yang akurat dengan gaya mranggal atau nyawat. Ayam semacam ini mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit saja. Namun jika ayam birma bertarung sampai 3 sampai 4 airan ayam ini akan menjadi bulan bulanan bagi ayam yang mempunyai tulangan yang kuat seperti ayam saigon dan ayam bangkok. Karena dalam airan ke3 dan seterusnya umumnya ayam akan kelelahan. Hal itu akan membuat ayam dalam bertarung lebih rapat. Dan ayam burma ini kebanyakan akan berubah gaya mainnya setelah airan ke-3, yang semula berteknik selalu menjaga jarak akan berubah menjadi tehnik rapat. Ayam burma yang bagus mempunyai pukulan taji mengarah telinga dan muka.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.15 1 Perespon:

Kategori: ayam bangkok

Keunggulan Ayam Bangkok

Ayam Bangkok asli dinilai mempunyai tulang yang kuat dengan type tarung peluk, control, rapat sulit dipukul, lincah dan pantang menyerah. Selain itu ayam bangkok juga mempunyai kecerdasan dalam bertarung dan mempunyai pukulan yang cepat dan keras. Untuk akurasi pukulan tergantung dari keturunan dari indukan ayam tersebut. Ayam bangkok yang mendekati keturunan dari kingchiken jaman dahulu mempunyai ukuran 7 sampai 8. Ayam bangkok asli juga mempunyai bulu-bulu yang bagus, lebat dan halus


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.06 1 Perespon:

Kategori: Memandikan Ayam Aduan

3 Cara yang Benar Memandikan Ayam Aduan Waktu Tarung/Diadu

Dalam memandikan ayam aduan pada waktu diadu merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan menentukan antara kemenangan dan kekalahan ayam disaat bertarung. Sekarang juga masih banyak bebotoh yang kurang mengerti

Mereka mempunyai anggapan bahwa keyakinan mereka dalam memandikan ayam aduan sudah benar, akibatnya banyak bebotoh yang setelah memandikan ayam aduan ayam jadi ngorok, kaki ayam jadi gemetar, sayap terkena air dan sebagainya. Dalam peraduan memandikan ayam aduan adalah sesuatu modal dalam mencapai kemenangan. Untuk itu dalam memandikan ayam bangkok/ayam aduan harus melalui cara dan urutan yang benar. Adapun caranya harus melalui urutan yang baik karena sedikit kesalahan waktu memandikan ayam aduan akan berakibat fatal pada ayam aduan tersebut. Adapun caranya bisa anda simak seperti dibawah ini:

1. Dalam Memandikan Ayam Aduan Waktu Tarung/Diadu kita harus mengerti kondisi ayam. Jika ayam aduan pada airan pertama dengan kondisi ayam yang terbilang belum parah atau belum banyak luka kita harus mengairi ayam dimulai dari wilayah sekitar ekor/brutu yang kemudian diteruskan ke badan tepatnya dibawah kepakan sayap secara terus-menerus hingga suhu badan ayam menjadi tidak panas lagi. Jangan sekali-kali memberi minum ayam diwaktu ayam belum diairi bagian yang pertama ini. Karena ayam aduan yang diberi minum pada waktu tubuh ayam masih panas ayam aduan akan langsung ngorok dan itu akan mengganggu konsentrasi ayam waktu bertarung. Ini bisa anda bayangkan jika ayam anda sedikit lengah sedikit saja, satu pukulan ayam masuk telak di daerah kepala dan itu akan membuat anda menjadi cemas. Maka dari itu dalam memandikan ayam aduan kita harus betul-betul mengetahui Urutan yang Benar Memandikan Ayam Aduan Waktu Tarung/Diadu. Setelah ayam diairi di sela sela sayam atau kesemua bagian tubuh yang menuju ke leher, hingga ayam betul-betul tidak ngos-ngosan lagi. Biasanya itu di tandai dengan paruh ayam yang telah mengunci, setelah itu ayam boleh di beri minum dengan cara dicucuri air dari ibujari dengan catatan jangan terlalu banyak. Karena ayam yang iberi minum terlalu banyak akan merasa berat dalam meloncat/naik. Di air yang pertama ini yang harus diperhatikan adalah setelah ayam diiairi sayap ayam harus betul-betul kering. Karena di ronde kedua nanti ayam akan bisa memukul telak kerena ronde yang kedua ini biasanya kwalita sayam akan segera terlihat. Jika ayam kita bertype pukul keras, maka ayam tersebut akan memukul semaksimal mungkin. Karena itu kedua sayap ayam di airan yang pertama ini harus betul-betul kering. Dan setelah itu membersihkan lendir yang ada ditenggorokan ayam dengan cara memasukan satu helai sayap ayam yang halus dan panjang (dengan panjang 15-20cm) yang masih basah dan memutarnya perlahan-lahan hingga lendir yang ada ditenggorokan akan ikut menempel disayap dan membuangnya hingga tenggorokan ayam akan betul-betul bersih dari lendir tersebut. Setelah itu ayam menjadi fress kembali dan siap untuk kearena lagi.

2. Memandikan Ayam Aduan Waktu Tarung/Diadu diairan yang ke dua ini kita memulainya dari tubuh ayam, tepatnya kita mulai dari telungkup sayap, bahu, dan seluruh badan ayam kecuali sayap dan ekor. Dan setelah badan sudah tidak kepanasan lagi di teruskan dengan mengairi bagian leher dan mengusap luka dengan busa yang sudah diperas airnya hingga kering namun masih tetap dingin, kemudian diteruskan mengairi bagian dibawah ekor dan sekitar brutu secukupnya hingga ayam sudah tidak kepanasan lagi. Kemudian diteruskan membersihkan lendir yang ada di tenggorokan ayam seperti airan yang pertama tadi.

3. Memandikan Ayam Aduan Waktu Tarung/Diadu diairan yang ketiga ini kita mulai dari leher terlebih dahulu. Karena pastinya area kepala ini sudah banyak luka, baik terkena taji ataupun pukulan. Untuk bagian yang terkena taji kita harus hati-hati dalam membersihkannya. Karena jika tidak hati-hati ayam akan merasa kesakitan yang ahirnya ayam sudah tidakmau meneruskan pertandingan lagi alias ayam menjadi KO. Dalam membersihkan luka ayam yang terkena taji kita harus menggunakan air yang tidak terlalu dingin atau kalu ada air hangat akan lebih baik. Setelah luka sudah bersih dan kering diteruskan dengan mengairi bagian badan seperti mengairi ayam pada airan yang kedua. Untun menuju ronde/airan keempat ini kata harus menguji reflek ayam dengan cara menyentuhkan benda kesekitar telinga ayam. Ayam yang berkondisi baik akan segera ada reflek dengan tanda ayam akan menggeleng-gelengkan kepalanya kekanan dan kekiri. Namun jika ayam hanya diam saja berarti kondisi ayam sudah parah. Cara mengatasinya dengan cara mengurut bagian kepala hingga saraf ayam akan bekerja kembali. Untuk caru mengurut/memijat kepala ayam silakan baca artikel selanjutnya nanti. Untuk cara mengairi ayam pada airan keempat dan seterusnya masih seperti airan yang ketiga. Nah, gampangkan cara mengaira ayam waktu diadu


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.58 1 Perespon:

Kategori: Mengobati Kaki Ayam Aduan Turun Urat (tedun)

Penyebab Kaki Ayam Tedun/Turun Urat

Penyebab dari kaki ayam aduan tedun adalah biasanya diakibatkan oleh benturan keras, baik ayam muda yang diadu dengan ayam tua atau ayam yang sudah mempunyai pengalaman dalam bertarung. Untuk menghindari ayam tedun janganlah sesekali mengabar ayam yang berselisih usis lebih dari 3bulan, terlebih-lebih bagi ayam yang pertama kali di abar/dalam masa latihan. Karena ayam dalam masa latihan belum mempunyai otot yang kuat dan bisa mengalami robek/pembengkakan otot yang mengakibatkan ayam aduan tedun. Ayam aduan tedun juga bisa di akibatkan ayam muda yang terlalu capek dalam masa latihan ataupun habis di adu.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.55 1 Perespon:

Kategori: Mengobati Kaki Ayam Aduan Turun Urat (tedun)

Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Turun Urat (tedun)

Penyakit tedun biasa disebabkan oleh benturan benturan yang kuat yang biasanya dilakukan ayam sewaktu diabar/diadu. Ciri ciri ayam yang terkena penyakit tedun terlihat bahwa ayam sangat lemas, nafsu makan berkurang, ayam terlihat gelisah, bulu-bulu ayam terlihat kusam, jika berdiri seringkali kaki ayam diangkat, jika yang diangkat sebelah kiri berarti kaki ayam yang terkena tedun sebelah kiri, namun jika yang diangkat sebelah kanan berarti kaki kanan yang terkena tedun/turun urat. Jika ayam aduan kita seprti diatas jangan sekali-kali mengurut bagian kaki yang terasa sakit. karena akan membuat penyakit ini makin parah. Memang penyakit seperti ini sangat melelahkan dan menjemukan bagi yang mempunyai ayam yang terkena penyakit seperi ini. Namun juga anda tidak usah khawatir karena saya akan memberikan cara termudah dalam tutorial saya yang pernah saya lakukan yaitu mengenai Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Tedun/Turun Urat . Cara ini sangat sederhana dan juga sangat mudah. Namun sebelum mengobati ayam seperti ini yang perlu di fahami adalah kita harus mengetahui seberapa parah pengakit yang diderita ayam kita. Karena penyakit tedun ada 2 yang diantaranya tedun ringan dan tedun parah. tedun ringan biasanya ayam hanya mengangkat satu kaki saja dengan kata lain hanya kaki yang sakit yang diangkat. sedangkan tedun berat/parah biasanya ayam tidakmampu berdiri, dan terlihat jari jari ayam kiri dan kanan membengkok. Dan cara masing-masing pengobatan dan penyembuhannya seperti dibawah ini.

Jika ayam aduan kita terkena penyakit tedun ringan yang mempunyai ciri-ciri seperti diatas cukup dengan memberikan makanan daging kambing segar tiap 2hari sekali dengan porsi sebesar jari jempol yang dibagi2 lalu dimakankan dengan ayam tetap dirawat dan dijemur dipagi hari antara jam 8-9 cukup satu jam tiap harinya. Namun jika ayam kita terkena tedun yang tergolong tedun parah/berat kita harus rutin dalam proses usaha dalam penyembuhannya. Cara penyembuhannya dengan cara merendam kaki dalam ember yang berisi air sedalam kaki ayam kurang lebih kedalaman air mencapai 20cm. Untuk mendukung proses penyembuhannya ayam boleh diberi obat tedun yang bisa dibeli di tempet penjualan makanan ayam aduan.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.50 1 Perespon:

Kategori: Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

3 Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan Supaya Menang dalam Pertarungan

Nafas ayam aduan merupakan kunci kemenangan dan kekalahan seekor ayam yang sedang bertarung. Karena sebaik-baiknya seekor ayam aduan jika mempunyai nafas yang jelek maka akan mengalami kekalahan apabila seekor ayam aduan tersebut berhadapan dengan ayam yang mempunyai nafas yang baik. Kali ini saya akan memberikan pengalaman tentang Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan Supaya Menang dalam Pertarungan. Memperpanjang nafas ayam aduan merupakan persiapan kita sebelum pergi kekalangan. Adapun3 Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan Supaya Menang dalam Pertarungan adalah sebagai berikut:

1.

kita harus merawat ayam terlebih dahulu sebaik mungkin dengan cara mulai dari kita memberi makanan, Mememandikan ayam sampai persiapan ayam dalam pertarungan. Dalam memberi makanan janganlah sesekali kita memberi makanan yang sudah basi. Karena jika ayam kita diberi makanan yang sudah basi tersebut maka ayam kita akan menjadi lemas. Bagai mana tentang makanan ayam aduan yang baik? Adapun tentang makanan ayam aduan yang baik bisa anda baca pada postingan saya sebelumnya.

2.

Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan Supaya Menang dalam Pertarungan adalah hendaknya kita harus rajin memandikan dan menjemur ayam aduan tersebut dengan tujuan memperlancar peredaran darah ayam tersebut. Selain memperlancar peredaran darah tersebut dalam praktek penjemuran ayam tersebut juga bertujuan menghilangkan lemak dalam tubuh ayam aduan tersebut karena seekor ayam aduan jika dalam tubuhnya terlalu kebanyakan lemak juga bisa mengakibatkan ayam menjadi ngos-ngosan atau kobong dalam bahasa jawanya. Namun jita rutin dalam melakukan penjemuran , maka secara berangsur-angsur ayam kita akan mempunyai nafas yang lebih panjang. Minimal ayam sebelum di adu/diabar sudah pernah dijemur kurang lebih 2bulan. Dibawah ini contoh video memperpanjang nafas ayam aduan.

3.

tentang Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan Supaya Menang dalam Pertarungan ialah setelah kita rutin menjemur dan memandikan ayam aduan tersebut, ayam perlu di taruh dalam kurungan yang lebih luas antara 2x4m. Karena ayam dalam kurungan yang luasnya seperti tadi bisa dengan leluasa menggebrakkan sayap dan bebas dalam bergerak selain itu kita hendaknya dalam seminggu sekali rajin menggebrak ayam kurang lebih 5-10 menit tiapkali gebrakan dengan tujuan membentuk otot baru.Setelan menyelesaikan ketiga cara tersebut diatas baru kita coba ayam aduan tersebut dengan diabar dalam satu airan namun dalam waktu 20-25menit. Sudah bisa dipastikan ayam kita akan mampu bertarung dalam waktu tersebut. Namun bagaimana jika ayam kita tidak mampu bertarung dalam waktu tersebut? Berarti ayam yang kita rawat tersebut masih berusia dibawah 10 bulan. Karena ayam yang terlalu muda tidak akan mempunyai nafas yang bagus dalam pertarungan. Pada kesimpulannya untuk memenagkan sebuah pertarungan seekor ayam aduan yang bagus harus mempunyai teknik pukul dan daya tahan tubuh kuat.

Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.40 1 Perespon:

Kategori: Mengobati Bubul di Kaki Ayam

Bagaimana Cara Menghindari Ayam Bubulan

Untuk menghindari ayam kita dari bubulan, sebaiknya sering-sering kita membersihkan kaki ayam kesayangan kita setelah di abar ataupun di adu. Karena biasanya ayam setelah diabar kaki ayam biasanya terluka. Jika luka itu tidak dibersihkan akan menimbulkan penyakit bubul terlebih jika telapak kaki ayam terdapat benjolan/terlihat seperti ada dagingnya ayam seperti ini akan mudah terkena bubulan.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.38 1 Perespon:

Kategori: Mengobati Bubul di Kaki Ayam

Cara Mengobati Bubul di Kaki Ayam

Sebagai peternak atau penghobi ayam baik ayam aduan atau jenis ayam lainnya yang merupakan peliharaan kita sangat jengkel jika ayam kesayangan kita terkena penyakit bubul. Oleh kerena itu kali ini saya akan mengungkapkan rahasianya tentang Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam. sebelum kita melakukan pengobatan bubul di kaki ayam, kita harus mengetahui seberapa parah ayam terkena penyakit bubul tersebut. Karena dalam mengobati bubul ayam tergantung parahnya kaki ayam bubulan itu.

Penyakit bubul dikerenakan oleh bakteri yang masuk di dalam kaki ayam yang sedang luka atau lecet. bakterinya bisa berupa kotoran ayam, tanah dan sisa-sisa makanan yang sedang membusuk. Adapun cara mengobatinya bisa sebagai berikut:

1. Jika ayam kita yang terkena penyakit bubul itu baru sedikit atau belum parah bisa dilakukan pengobatan dengan cara dibersihkan dengan air hangat lalu setelah bersih kaki ayam tersebut kita balut dengan hansaplas. Dengan catatan penyakit bubul ayam tersebut baru sedikit sekali dan keadaan bubul belum membengkak.

2. Jika ayam yang terkena penyakit bubul itu sudah mulai membengkak dan bisa dikatakan parah, cara mengobatinya harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh, karena penyakit bubul ini sulit sekali sembuhnya. Dan jika kita biarkan saja penyakit itu sulit sekali sembuh dalam sendirinya bahkan bisa menjadi lebih parah dan makin parah. Karena ayam yang terkena bubul itu jika berjalan bubulnya makin membengkak dan makin parah. Cara mengobatinya dengan cara terlebih dahulu kita bersihkan dulu kaki ayam yang bubulan tersebut dengan air hangat, lalu setelah bersih kita balut dengan kain. Dengan catatan balutan diharuskan tebal dan empuk. Jika kita menggunakan kain yang agak tipis kita harus membalutnya dengan balutan yang berkali kali hingga tebal dengan tujuan jika ayam berjalan kaki ayam bubulan itu tidak membengkak lagi. Jika rajin memeriksanya balutan tersebut insaallah dalam waktu kurang dari 3bulan pengakit itu sudah kering dan mengecil. Namun jika kita menginginkan kaki ayam bubulan itu segera sembuh dengan lebih cepat saya akan berbagi pengalaman saya tentang Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam. adapun caranya sebagai berikut:

Persiapkan dulu sandal jepit bekas, pisau/cuter dan plaster. Setelah alat-alat tersebut sudah dipersiapkan lalu buatlah sandal ayam yang membentuk sandal ayam yang mirip dengan bentuk jari-jari dari ayam tersebut. Cara memakainya; letakkan kaki ayam yang bubulan tersebut diatas sandal yang kita buat tadi dan membalutnya dengan plaster. Namun cara ini kita harus rajin rajin dalam memeriksanya, karena biasanya ayam tersebut setelah kita beri sandal ayam itu suka mematukinya dan dihawatirkan sandal tersebut lepas. Jika kita rajin dalam memeriksanya biasanya ayam akan sembuh dari bubulan kurang dari 1bulan.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.34 1 Perespon:

Kategori: ayam aduan super

Ciri-Ciri Ayam Laga dari Thailand

Bentuk fisik ayam aduan laga Thailand berbeda dari ayam aduan jenis lainnya seperti ayam aduan birma dan Saigon. Adapun cirri fisik/tubuh ayam laga Thailand sebagai berikut:

Ayam laga dari Thailand mempunyai tubuh lebih panjang dengan postur yang tinggi, atletis dan ditumbuhi bulu-bulu yang tebal. Posisi berdiri dengan tegap bersayap panjang dan ekor menjulur dan menyentuh tanah.

Ayam laga Thailand mempunyai kepala kayak buah pinang dan terlihat sedikit agak panjang. Bentuk kepala seperti gambar tersebut mempunyai ukuran sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil namun jika artikan bentuk kepala tersebut mempunyai ciri sebagai ayam yang cerdik namun kuat dan kokoh. Berbeda dengan bentuk kepala yang terlihat kacil, walaupun cerdik namun kurang kokoh dalam menahan pukulan.

Ayam laga Thailand mempunyai bentuk wajah lebar dengan mata yang jernih dengan posisi mata masuk kedalam dengan tulang alis tebal dan menanjol keluar.

Ayam laga Thailand mempunyai jengger besar, halus dan kenyal berwarna merah dengan kulit muka tebal dan berkerut-kerut.

Ayam laga Thailand mempunyai kokok yang keras dengan suara yang besar.

Uraian diatas tentang ciri-ciri ayam laga dari thailand ini juga menjadi patokan bebotoh dalam mempertimbangkan kwalitas main ayam untuk dijadikan sebagai ayam jago yang diandalkan diarena laga.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.29 1 Perespon:

Kategori: ayam bangkok

Ada 6 Cara Agar Ayam Bangkok Menang Pertarungan

Sebuah kemenangan dalam bertarung adalah tujuan kita dalam membawa ayam bangkok jago kita ke gelanggang/kalangan. Sudah pernahkah anda melihat ayam jago bertarung dalam waktu singkat atau kata jawanya diadu, pasti anda menginginkan juara apalagi kalau pake uang taruhan tentu maunya juarakan. Ok, aku akan berbagi cara nih tentang Trik Agar Ayam Bangkok Menang dalam Pertarungan, di sini 6Trik yang dgpedoman daripengalaman dari bebotoh ayam jago bakal juara dalam pertarungan.. ok langsung saja berikan caranya supaya Ayam Bangkok Menang dalam Pertarungan atau juara.

1.

yang utama adalah: Ayam bangkok kamu atau ayam jago kamu harus berkondisi fit. Caranya: di mandiin setiap hari agar badan ayam memperoleh dan menikmati kesegaran, dan tentunya bukan akan lemes kalo bertarung, efek tersebut ayam tidak gampang untuk dikalahkan.

2.

setelah cara pertama dilaksanakan kemudian setiap mengasih makan.. ayam kamu di kandangin dulu terus mencari tempat yang agak sulit di temukan si ayam loe, tapi tidak jauh banget ya, terus lepaskan ayam loe.. akibatnya ayam mencari makanan yang anda tempatkan. Jika ayam loe tidak mencari, berarti ayam ente itu tidak lapar banget.. efek dari itu, si ayam tersebut melatih dengan kebiasaan penglihatan dan kerja yang lebih keras, dan ayam terbiasa terus mencari titik kekurangan ayam lawan seperti halnya ayam mencari dan memperoleh titik keberadaannya makanan.

3.

yang ke3: biasakan makan setiap 3x Sehari dengan catatan tidak terlalu kenyang, setiap pagi,siang dan saat matahari terbenam, biasanya ayam yang di rawat seperti itu akan mempunyai mental pemberani sebab di banggakan dan di manja oleh pemilik ayam.

4.

yang ke4 ialah: Tiga hari sebelum pertarungan berikanlah makan-makanan yang powerfull misalnya daging kambing, belut dan lail-lain. Makanan kayak itu ayam akan galak dan keras dalam menggigit bisajuga mematuk jengger ayam lawan dan ayam lawan tidak berani dengan ayam jago kamu.

5.

yang ke5 adalah Setiap kali mau berangkat di kalangan untuk bertarung, kamu menyuguhkan dengan pemberian makanan berupa beras putih yang udah di aduk dengan cairan dari perasan jahe, ayam yang di beri makanan seperti itu merasakan kehangatan yang stabil bahkan waktu di airi bebotoh dalam waktu yang lama ayam tetap memperoleh suhu badan yang bagus. Ayam bangkok yang di beri makanan seperti itu yang berasal dari cairan jahe tersebut dan merasa ringan badan dan cepat naik pukul dalam bertarung.

6.

Cara Agar Ayam Bangkok Menang dalam Pertarungan yang terakhir yaitu ke6 jangan lupa dalam memilih gandengan ayam harus sama tentang ukuran dan umur ayam tersebut. Kalaupun harus ada selisih tidak terlalu jauh perbedaannya. Yang perlu diingat; jangan sampai kalah gandeng.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.20 3 Perespon:

Kategori: ayam aduan super

Ciri ciri Ayam Aduan Super dari Vietnam

Ayam Aduan Super dari Vietnam jika kita lihat sangat gagah namun dengan bulu-bulu yang kurang menarik bagi ayam saigon yang gundul. untuk ayam saigon yang mempunyai bulu-bulu yang lengkap terlihat seperti ayam dari Thailad namun mempunyai tulangan yang sangat tebal dibandingkan dari ayam bangkok. Berikut kami berikan gambar Ayam Aduan Super dari Vietnam.

Gambar diatas merupakan gambar dari ayam Ayam Aduan Super dari Vietnam atau dikenal dengan ayam saigon. Ayam saigon adalah satu-satunya ayam aduan yang memiliki ketangguhan dan keuletan yang luar biasa dibandingkan ayam aduan dari Thailand dan ayam aduan dari Myanmar.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.17 1 Perespon:

Kategori: ayam aduan super

Ayam Aduan Super dari Myanmar

Berikut saya berikan sedikit gambar Ayam Aduan Super dari Myanmar yang terkenal dengan keistimewaan gaya tarungnya yang sangat bagus dan lincah. juga gambar dibawah bisa anda download untuk tambahan koleksi ayam aduan.

Ayam Aduan Super dari Myanmar ini terlihat kurang tegap namun memiliki kecepatan bergerak dan menghindar yang di miliki oleh seekor ayam aduan diatas rata-rata.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.15 1 Perespon:

Kategori: ayam aduan super

Ciri ciri ayam aduan super

Berikut dibawah merupakan gambar dan ciri-ciri dari ayam aduan super dan berkelas di Thailand, Myanmar, Vietnam dan dari negara lain yang mempunyai prestasi dan gaya tarung diatas rata-rata. Ayam dari Thailand yang terkenal dengan tulangan dan ketangguhannya juga mempunyai tehnik tarung yang sangat baik dan saat ini mendominasi peraduan ayam di negara tetangga. Selain ayam dari thailan/ayam bangkok juga muncul ayam dari Myanmar yaitu Ayam burma yang terkenal dengan tehnik tarung dan tajinya ayam tersebut juga menduduki peringkat utama setelah ayam bangkok yang disusul ayam dari Vietnam yang sampai sekarang terkenal ketangguhannya dan keuletannya juga mempunyai prestasi yang gemilang. Berikut kami berikan gambar ayam aduan super dari thailand, Myanmar dan Vietnam.

Ayam aduan super dari Thailand pada gambar dibawah terlihat sangat sempurna mulai bulu, Postur dan tampang semua terlihat serasi dan ideal.

Ayam aduan super dari Thailand diatas mempunyai ciri-ciri, ayam berdiri tegap dan tegak dengan kaki kering dengan bulu-bulu lebih halus dari ayam bangkok local.

Ayam Aduan Super dari Thailand


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 06.10 1 Perespon:

Kategori: Ayam Burma

Ayam Burma Asli

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri ayam burma asli dilihat dari beberapa aspek di antaranya ayam burma dilihat dari fisik, ayam burma dilihat dari tulangan, ayam burma dilihat gaya tarung. Menurut para bebotoh Ciri-Ciri Ayam Burma atau Birma yang Berkwalitas Bagus mempunyai pandangan yang dari sudut yang berbeda beda namun hakekatnya tentang pandangan perbedaan ayam burma tersebut mempunyai kesamaan tujuan. Nah, kali ini saya akan mengungkapkan rahasia tentang ciri-ciri ayam burma atau birma yang bagus dan berkwalitas. Sebelum memilih untuk membedakan ayam burma asli dengan ayam burma hasil silangan, alangkah baiknya kita mengerti dulu tentang cirri-ciri ayam burma asli atau ayam burma impor. Jelas ayam burma asli mempunyai kwalitas yang lebih baik. Hati hati jika kita memilih ayam burma, karena hasil kawin silang antara ayam burma asli dengan ayam kampung mempunyai hasil yang bisa dikatakan mirip dengan ayam birma asli. Yang membedakan antar keduanga adalah gaya tarung dari ayam itu sendiri. Karena anakan dari hasil kawin silang antara aya birma dengan ayam kampung cenderung mempunyai gaya tarung atau solah lari. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut dibawah ini criteria ayam burma asli:

Tulangan dalam peraduan ayam merupakan aspek terpenting yang harus dipenuhi oleh ayam seekor ayam jago atau ayam jawara karena kekokohan dan ketangguhan ayam aduan terletak pada tulangan ayam tersebut. Semakin tebal dan keras tulangan ayam maka ayam akan semakin kokoh dan tangguh. Tulangan ayam burma dinilai kurang memenuhi kriteria sebagai ayam petarung yang tangguh, karena mempunyai tulangan yang relatif tipis dan kurang kuat menerima pukulan kearah badan dan kepala. Tulangan ayam burma mirip sekali dengan tulangan ayam kampung biasa. Ayam birma asli mempunyai ukuran 5 sampai 6 saja. Ukuran ini dibawah rata-rata ukuran ayam bangkok. Ayam burma asli mempunyai warna bulu seperti ayam kampung dengan bulu rawis juga sama dengan bulu ayam kampung, ayam ini juga mempunyai bentuk kepala yang relatif kecil. Keistimewaan ayam burma terletak pada mental dan semangat bertarung dan selain itu ayam ini juga punya naluri semangat menyerang yang luar biasa.

Gaya tarung atau solah dalam peraduan ayam merupakan modal kedua setelah kita memilih ayam aduan mengenai kwalitas tulangan. Ayam burma asli mempuyai gaya tarung dalam istilah jawa yang berarti nyawat atau mranggal dengan pukulan taji yang akurat. Berbeda dengan ayam burma hasil dari kawin silang baik kawi silang antara ayam burma dengan ayam bangkok atau silangan antara ayam burma dengan saigon yang rata rata hasilnya ayam akan lahir denga type teknik dan makin berkurang dalam akurasi serangan dan pukulan. Gaya tarung ayam burma asli sangat istimewa sekali dengan teknik menghindar anti look atau anti dikunci lawan karena ayam birma asli selalu ingin mejaga jarak terhadap lawan dalam pertarungan dengan melancarkan pukulan taji kearah telinga atau sekitar wajah lawan sehingga tak heran jika ayam burma asli bisa memenangkan pertarungan dalam waktu kurang dari satu airan dalam hitungan menit pertarungan. Dan yang menjadi cirikhas ayam burma asli adalah gaya tarung dari ayam itu sendiri yang sekarang menjadi salah satu gaya bertarung yang disukai bebotoh saat ini

Tulangan Ayam Burma Asli

Gaya Tarung Ayam Burma


Senin, 19 Januari 2015

Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 08.08 1 Perespon:

Kategori: Ayam kampung, pejatan

Trik memilih pejatan ayam kampung yang unggul

Ciri-ciri Induk Pejantan Ayam Kampung Unggul

1. Bentuk Fisik Ayam

a. Badan

Sudah pasti badan atau tubuh ayam besar, tegap, dan kekar menjadi pilihan untuk dikembangkan. Dengan alasan tubuh besar mampu menghasilkan daging yang besar pula.

b. Kaki

Kaki biasanya dipilih yakni berwarna kuning, kekar, dan sisiknya rapi. Dengan alasan tulang badan juga besar dan kaki kuning lebih diminati ketimbang kaki putih atau hitam. Banyak orang percaya bahwa kaki kuning akan menimbulkan kaldu bila dimasak seperti soto, sup dan lain sebagainya.

c. Bulu

Bulu sering dijadikan sarana daya tarik ketika masih hidup. Bentuk bulu pun diusahakan cari dengan warna dasar yakni hitam. Ada kalanya warna bulu juga menjadi petimbangan dengan alasan warna bulu tertentu memiliki kualitas genetik bagus ketimbang warna lain. Kami lebih memilih warna hitam seperti wiring kuning sebagai andalan dengan alasan masih menjadi incaran bila mencari induk pejantan. Anda dapat melihat berbagai jenis bulu pada artikel kami sebelumnya pada macam-macam bulu ayam kampung. Selain warna bulu bentuk bulu tersusun rapi mencirikan ayam tersebut sehat.

2. Tingkah Laku Laku

3. Umur Ayam

4. Jenis Kelamin Ayam

5. Primbon Jawa Tentang Ayam Kampung

Menurut budaya Jawa, kita dapat memilih induk ayam dengan berdasarkan primbon. Seperti apa pemilihan induk lewat primbon? Lihat di kejayaan ayam menurut warna kaki

6. Keturunan Ayam Unggul

7. Produktifitas Induk Ayam

8. Tahan Penyakit

Tips memilih induk pejantan unggul adalah sebagai berikut :

1. Jelas memilih ayam yang sehat. Ciri ayam sehat lihat di tanda ayam kampung yang sehat

2. Memiliki taji, atau jalu serta lanjur (bulu memanjang di ekor)

3. Warna lebih cerah dimaksudkan lebih cepat terjadi pembuahan

4. Sudah berkokok

5. Paruh pendek mencirikan ayam tumbuh dengan cepat dan besar

6. Dari tingkah laku pilih yang lebih aktif


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 08.02 1 Perespon:

Kategori: Ayam kampung betina

Cara memilih betinah ayam kampung yang benar

Ciri-ciri Induk Betina Ayam Kampung Unggul

1. Bentuk Fisik Ayam

a. Badan

Badan besar mencirikan induk mampu bertelur dengan banyak serta besar

b. Kepala

Pada bagian kepala sering dijadikan pedoman yaitu jengger. Jengger merupakan bagian tubuh ayam kampung dan jika jengger betina lebih lebar dan besar mampu bertelur di atas rata-rata ayam kampung asli yakni 12-14 butir

c. Bulu

Ciri petelur unggul yakni berbulu mengkilat kehijauan atau halus. Biasanya untuk bulu berwarna hitam lebih mudah dikenali. Bulu tertata rapi berarti tanda kalau ayam itu sehat.

d. Kaki

Seperti kaki untuk pedaging kaki dipilih untuk warna kuning agak kemerahan.

e. Umur

Umur betina terbaik yaitu masih dalam masa produksi antara umur 9 bulan hingga 1 tahun 5 bulan.

Contoh induk betina petelur unggul

Tips memilih induk betina ayam kampung unggul untuk praktiknya adalah sebagai berikut :

1. Lihatlah beberapa ciri-ciri fisik seperti di jelaskan di atas.

2. Pegang tubuh ayam dengan kedua tangan dan bandingkan bila ada beberapa pilihan

3. Untuk mengetahui masa produksi tekan di bawah dubur ayam, jika terasa keras itu tanda ayam betina sudah tua.

4. Tanda ayam tidak mengeram dengan baik adalah bentuk jengger yang kecil dan pesek.

5. Dari penampakan tubuh ayam betina terlihat panjang dan tidak kerdil

6. Ciri lain ayam bertelur besar adalah paruh pendek dan kaki besar serta ada ujung hitam di bulu ekor

7. Cari ayam betina bersih, jika ditemukan kotoran maka dipastikan ayam betina tersebut sakit cirinya adalah hidung, mata tanpa air, dubur bersih.

8. Saat di pegang mata tidak merem dan berusaha berontak.

Memang memilih induk ayam kampung unggul memang susah dikarenakan harus memenuhi beberapa kriteria tersebut. Memang untuk sekarang ini banyak peternak maupun ayam di pasaran sudah hasil persilangan seperti ayam bangkok dengan ayam kampung, ayam petelur dengan ayam kampung dan lainnya dengan tujuan mendapatkan ayam kampung unggul. Itulah sebabnya proses pembudidayaan ayam kampung terbilang lama. Untuk mendapatkan ayam kampung unggul memang membutuhkan kesabaran bukan? Jadi, kenapa kita tidak memilih ayam kampung dari sekarang? Akhir kata salam sukses peternak ayam Indonesia!


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.58 1 Perespon:

Kategori: Bahan pakan untuk ayam kampung

Bahan pakan untuk ayam kampung

Pakan ternak untuk ayam kampung menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu usaha ternak ayam kampung. Karena pakan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghasilkan ayam yang berkualitas, jika pakan tidak maksimal dalam pemberian maupun kualitas, maka hasil ternak juga kurang optimal. Pakan yang baik untuk ternak ayam kampung belum tentu yang mahal harganya. Berikut ini kita sampaikan beberapa tips memberikan ramuan pakan untuk ayam kampung.

Tips agar ayam kampung sehat dan kuat berikut tipsnya :

1.

Bahan utama dari pakan berkualitas untuk ayam Kampung adalah katul gabah, kalo di Jogja juga disebut dedak. Katul ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Bahan ini berfungsi sebagai sumber energi. Pilih katul yang paling halus. Ini dihasilkan dari 'kulit ari' gabah yang digiling menjadi beras. Jangan pilih katul atau dedak yang kasar, sebab kemungkinan besar ayam tidak mau makan.

2.

Bahan pelengkap pertama adalah katul jagung yang super lembut. Ini juga mengandung karbohidrat, namun fungsi disini adalah sebagai bahan pelembut pakan.

3.

Bahan pelengkap kedua adalah BR kualitas 1. Bahan ini sudah mengandung banyak mineral dan protein yang cukup dibutuhkan ayam kampung.

4.

Bahan pelengkap ketiga adalah konsentrat ayam petelur. Mengapa? karena konsentrat ini mengandung protein yang sangat tinggi. Berfungsi sebagai sumber protein untuk ayam kampung.

5.

Terakhir, adalah nasi. Nasi digunakan untuk mengirit pakan dan membuat ayam lebih cepat kenyang.

Perbandingan 1 kg katul gabah : 0,25 kg katul jagung : 0,25 kg BR : 0,25 kg konsentrat.

Demikian penuturan dari kami semoga bermanfaat, salam sukses.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.54 1 Perespon:

Kategori: Ayam kampung

Bagaimana cara mempercepat pertumbuhan ayam kampung

Berikut ini saya akan memberikan tips untuk anda cara cepat membesarkan anak ayam kampung super dengan citarasa daging mendekati atau bahkan mirip dengan ayam kampung lokal. Ini dia...

1. bibit ayam kampung yang kita pelihara haruslah ayam kampung super yang cepat besar, seperti yang saya punya contohnya. Supaya perttumbuhan cepat dan bisa dipacu

2. usahakan kandang yang digunakan sistem umbaran, jangan di kandang batere. Lebih baik lagi, alasnya tanah sehingga ayam bebas berkeliaran dan dalam kandang tersebut buatlah tangkringan ayam dari kayu atau bambu, kan ayam suka lompat, loncat dan nagkring, ini akan melatih otot ayam sehingga relatif kekar.

3. nah ini yang terpenting, rekayasa ransum. Maksud saya begini, tidak usah pake teori yang canggih-canggih. Kita tau kalo supaya ayam cepat besar, intinya ransum harus mengandung protein tinggi. Nah, protein ini bisa dicari dengan pakan pabrik (mis BR 1), atau kalo di desa saya "amis-amisan" dari ikan atau yuyu, keong atau tepung ikan. Untuk praktisnya, saya mending beli BR 1. Komposisi ransum yang saya gunakan adalah :

- anak ayam umur 0 - 25 hari = 100 % BR 1. Pada umur ini jangan lupa, beri lampu/penerangan, selain supaya hangat juga bisa makan di malam hari. Dan juga air minum diberi rebusan sayuran, contoh daun pepaya atau temu-temuan untuk menjaga kesehatan tubuh, anti cacing dan menjaga nafsu makan.

- umur 25 hr - 2 bulan = 30 % BR 1 : 30 % jagung giling halus : 40 % dedak padi halus. Pada umur ini lampu sudah bisa dikurangi bertahap.

- umur 2 bulan keatas = 20 % konsentrat daging : 30 % jagung : 40 % dedak padi : 5 - 10 % sayuran. (konsentrat bisa diganti tepung ikan/amis-amisan). Saya biasa menambahkan sayuran untuk suplemen vitamin, mineral atau serat. Sayuran/daun-daunan yang sering saya campurkan pada ransum adalah daun pepaya, daun singkong, daun "gudal meled" atau lengko, dan daun temu ireng. Pada prinsipnya jenis daun yang berstruktur agak lunak bisa digunakan. Pemberian sayuran pada ayam tentu saja harus dirajang atau diiris-iris dulu, kemudian kalau bisa direbus atau langsung dicampur ke ransum. Oya, saya lebih suka menggunakan pakan basah. Nah, dengan cara diatas, alhamdulillah selain ayam kampung cepat pertumbuhannya, juga sehat dan sejauh ini citarasanya seperti ayam kampung biasa. Bobot ayam kampung super dengan ransum seperti kira-kira umur 2,5 - 3 bulan mencapai 1 kg-an lebih lah, walau ada yang kurang, ada yang lebih juga, dengan syarat ayam sehat, makanan teratur dan kandang mendapat cukup sinar matahari.

Sebenarnya komposisi pakan diatas, bisa diotak-atik sendiri. Pada prinsipnya penambahan protein yang cukup signifikan akan berdampak pada cepatnya pertumbuhan ayam. Saya menghindari 100 % pakan jadi dari pabrik, karena nanti pasti dagingnya lembek, walaupun pertumbuhaannya pesat. Oya, saya juga sering menambahkan pada pakan, yaitu singkong, talas maupun ubi. Semua ini saya lakukan agar ayam kenyang dan yang penting struktur dagingnya yang pasti kenyal karena makannya beragam. Untuk ayam dewasa menghabiskan kira-kira pakan 80 - 100 gram pakan, tergantung jenis ayam, umur, dan jenis kelamin.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.50 1 Perespon:

Kategori: Cara Mengatasi ayam turun mental

Cara Mengatasi ayam turun mental

Ayam leres (jatuh mental) adalah salah satu masalah besar bagi para pemilik ayam aduan. Leres atau jatuh mental adalah suatu kondisi ketika ayam menjadi tidak percaya diri dan tidak memiliki keberanian bertarung. Jika beranipun biasanya akan segera lari begitu merasakan sakit. Ayam leres bisa karena beberapa kondisi: (1) trauma kekalahan, (2) shock karena takut atau kaget, dan (3)keturunan (genetik)

*Trauma kekalahan

Ayam jago yang pernah kalah, apalagi kalah telak, bisa mengalami kondisi leres atau jatuh mental. Karena rasa sakit yang diderita, ayam akan merasa takut berkelahi dan tidak memiliki hati atau keberanian terhadap ayam lain.

*Shock karena takut atau kaget

Ayam jago juga bisa mengalami leres karena takut atau kaget. Leres karena takut bisa terjadi jika ayam mengalami kejadian dikejar binatang yang lebih besar, misal anjing. Sedang leres karena kaget biasanya terjadi karena kejadian yang begitu tiba-tiba dan mengagetkan misalnya kejatuhan dahan pohon atau ada kendaraan yang hampir menabraknya. Jika kejadian tersebut memang amat menakutkan atau mengagetkan bagi si ayam, akan dapat membuat hati ayam menjadi kecil dan tidak memiliki keberanian bertarung.

*Keturunan (genetik)

Leres bisa juga karena keturunan. Ada ayam-ayam tertentu yang memiliki kecenderungan hati yang lemah. Ayam-ayam seperti ini, meskipun memiliki teknik tarung dan postur yang baik, biasanya bernyali kecil dan begitu merasa sakit atau terkena pukulan keras akan lari.

Menyembuhkan ayam leres bukanlah pekerjaan mudah. Perlu waktu lama dan kesabaran dalam proses. Kegagalan dalam penanganan akan membuat proses harus dimulai dari awal atau malah kehilangan peluang sama sekali.

Berikut adalah kiat-kiat untuk menyembuhkan ayam leres:

Fase 1, biarkan ayam jago yang leres berkumpul dengan ayam-ayam betina saja. Bisa juga kalau dicampur dengan ayam-ayam yang masih kecil, yang tidak mungkin memiliki keberanian berkelahi dengan si pasien. Lakukan ini antara 2 minggu sampai satu bulan, atau sampai anda yakin ayam tersebut mulai memiliki kepercayaan diri. Selama proses ini jangan sampai ada jago lain (meskipun lebih lemah) yang masuk ke wilayahnya. Yang perlu diperhatikan, area penyembuhan ini juga benar-benar bebas dari intimidasi ayam jago lain, misal masih ada ayam jago lain yang terlihat oleh ayam jago yang leres meskipun areanya dibatasi. Bahkan meskipun tidak bisa melihat tapi suara kokok yang terlalu keras karena tempat yang berdekatan, bisa membuat penyembuhan mentalnya berjalan lambat.

Fase 2, setelah melewati fase 1 dengan baik, tahap berikutnya adalah dengan memasukkan ayam-ayam lancur yang mulai berani kokok tapi belum memiliki keberanian bertarung. Keberadaan ayam-ayam lancur yang secara fisik sudah besar tapi tidak berani berkelahi ini, akan membuat ayam leres menjadi lebih percaya diri. Ia akan cenderung mengejar dan mengintimidasi ayam-ayam muda tersebut.

Fase 3, adalah fase uji coba mental. Setelah anda yakin fase 2 terlampaui dengan baik, anda bisa mencoba mengadu ayam tersebut dengan ayam lain yang sudah pasti kalah. Bisa ayam yang lebih muda dan lemah atau ayam kampung yang fisiknya lebih lemah. Kemenangan terhadap ayam-ayam musuhnya tersebut sangat mempengaruhi kepercayaan dirinya. Lakukan berulang kali dengan ayam-ayam lain yang lebih lemah sampai benar-benar kepercayaan dirinya pulih.

Jika fase 3 ini sudah dilakukan dengan baik, maka yang anda perlu lakukan tinggal menyiapkan fisiknya secara baik untuk pertarungan yang sesungguhnya.

Banyak orang yang berpendapat bahwa ayam leres tidak dapat diambil keturunannya lagi karena rasa penakutnya akan turun ke anak-anaknya kelak. Pendapatnya ini nampaknya tidak benar. Ayam leres dapat saja diambil keturunannya, kecuali ayam leres yang memang karena garis keturunan.


Diposting oleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.45 1 Perespon:

Kategori: ayam bangkok

Mampaat menjemur ayam bangkok aduan

Seusai memandikan, ayam dimasukan kedalam kurungan dan dijemur dibawah sinar matahari pagi supaya tubuhnya yang basah itu menjadi kering. Sinar matahari pagi sebelum pukul 10.00 sangat baik untuk kesehatan ayam, karena menagndung pro vitamin D (vitamin D dalam bentuk inaktif) yang sangat memabantu pertumbuhan tulang dan bulu. Pro vitamin D dalam tubuh ayam akan diolah menjadi vitamin D. Tulang dan bulu sebagian besar tersusun dari Zat tanduk yang sangat membutuhkan vitamin D. Lebih dari itu sinar matahari pagi dapat membunuh kuman-kuman penyakit yang masih menempel pada bulu dan bagian tubuh lainya.

Bila ayam bangkok baru pertama kali menjalani perawatan seperti ini, sebaiknya penjemuran dilakukan pada waktu yang lebih pagi lagi (misalnya jam 08.00). Dalam tahap permulaan, ayam bangkok biasanya hanya tahan selama 10-15 menit saja dibawah sinar matahari. Pada saat itu, paruhnya sering kali terbuka dan kelihatan terengah-engah. Oleh karena itu ayam tersebut tidak perlu dijemur tertalu lama. Bila kita melihat ayam terngah-engah, maka kita harus segera memindahkanya ke tempat yang teduh. Keesokan harinya, ia dapat dijemur lagi dan demikian seterusnya hingga ayam sudah terbiasa menghadapi terik matahari.

Manfaat lain dari penjemuran ini antara lain adalah melatih pernafasan dan memperbaiki sistem peredaran darah. Kerja paru-paru dan jantung menjadi lebih sempurna, karena ayam sudah terbiasa menghadapi kondisi kritis (panas). Dengan demikian, ketahanan fisik pun menjadi lebih baik daripada ayam yang sama sekali tidak pernah dijemur. Selain itu timbunan lemak dibawah kulit pun juga akan berkurang sehingga otot-ototpun menjadi kencang. Hilangnya lemak ini dikarenakan banyaknya energi yang dibutuhkan untuk mengeringkan tubuh


Dipostingoleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.39 1 Perespon:

Kategori: Caramerawatayambangkokaduanyangparuhnyapatah

Cara merawat ayam bangkok aduan yang paruhnya patah

Hal yang sering terjadi pada ayam bangkok aduan setelah bertarung diarena adalah ayam bangkok tersebut terkena pukulan di bagian kepalanya yang sering kali dapat mematahkan paruh sang ayam. ayam bangkok aduan yang terkena pukulan dari lawannya mengenai paruh biasanya terlihat memprihatinkan karena efeknya akan berdampak terhadap pola makan dan minum yang menjadi berkurang dimana hal tersebut bisa menyebabkan penyakit pada ayam.

Ayam bangkok aduan memang memiliki karakter pejuang yang tangguh karena akan terus melawan hingga titik darah penghabisan, dan bisa juga sampai mati. dan tidak heran bila ayam bangkok aduan unggul yang sedang bertarung dapat mengakibatkan hal yang fatal pada lawannya karena lawannya akan lari kesakitan, dan hal semacam ini mungkin bisa tidak disadari oleh botoh. kekalahan dan kemenangan sudah menjadi adat mufakat sebuah pertandingan.

untuk mengobati paruh yang patah diperlukan penanganan yang baik dan teratur, sebab kalau tidak segera dilakukan penanganan secara cepat maka sang ayam akan terus mengalami kesakitan dan tak jarang dapat mengakibatkan kematian.

Penangananpertamayangdapatdilakukanadalahdengancaramengusapdenganairhangatpadabagianparuhyangpatahtadikemudian diberikanobatantiinflamasibaiktrombophopataulainnya.selainitu,mengusapparuhyangpatahseseringmungkindenganairhangat kemudiandiolesikunirataukapursirihpadapagidansoreharisangatdianjurkankarenadapatmenghilangkanbakteriyangadaatau tidakterkenainfeksiakibatlukayangmembuka.pemberianobatpunjangandiberikansetiaphari,melainkancukup2hari1kalisaja sudahbaik.

Pemberianpakanyangmudahdicernadantidakkerasdalammasapenyembuhansetelahbertarungdiarenaadalahcaraterbaikagar dapatsegerapulihdarikondisikritis.tidakusahmenggunakanbendatajamsepertipisaudanlainnyauntukmenglupasparuhyangrobek atausomplaktersebutkarenaayampadasaatmasapemulihanparuhtersebutakanbergeserdanakanrapatsertamempertebalsendiri. bolehsajamenglupastetapidalamkondisidaruratkarenafaktortertentu.dalammasapemulihanbiasanyamemerlukanwaktuyang cukuplamatergantungperawatanyangdilakukan,danbiasanyadenganperawatanyangteraturmemerlukanwaktu1sampai2bulan.


Dipostingoleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.34 1 Perespon:

Kategori: ayambangkok

Tips dan trik merawat anak ayam bangkok umur 1-6 bulan

Indukayamyangsedangmengeramitelornyadijagajugakebersihankakinyasupayatidakmengotoriteloryangsedangdieraminya. setelahanakayammenetasdanbulunyatelahmengeringdipisahkandalamkandangisolasiyangtelahdiberi lampuuntukpenghangat sebagaipenggantiinduknya.jikadaerahnyapanasberikanlahlampulistrik25wattdanjikadaerahnyadinginberikanlampu listrik berdaya40watt.

Indukayamyangsudahmenetaskantelornyadimandikan(sebaiknyadirendamataudirenangkandalamkolam)sampaibadannyadingin dandimandikanselamatigahariberturut-turut,jikapakannyaterpenuhinilaigizinyamaka2minggusejak dimandikanindukayamakan bertelorlagi.sekarangtibalahmasanyauntukperawatananakayamaduan,untukmendapatkanayamaduanyangtangguhmakadari anakkanharusdiperhatikancarapemberianpakanyangbenar.Sebenarnyapakanyangdijualsudahmemenuhinilaigizi untuk pertumbuhanayamakanlebihbaiklagibilakitaselingidenganmakantambahansebagaipenunjangketangguhanseekorayam aduan.anakayamyangberumursatuharidiberikanlarutangulaarensebagaipenambahtenagadandiberikanselama10hari.Kemudian airminumnyadigantidenganair bersihdandicampurdenganobatminumuntukanakayam.padaharikeduaanakayamdiberipakan yang dijualdipasardengankode311,makananinibanyak mengandunglemakdandiberikansampaianakayamberumur40hari.

Setelahanakayamberumur40haripakandigantidenganpakanyangdijualdipasardengankode511dandicampurdenganteloritik denganperbandingan2teloritikuntuk10ekoranakayam.pemberiantelorinidilakukansekali2harisampai anakayamberumur2,5 bulan.Setelahitupemberiantelorditingkatkanmenjadi4butiryangdicampurkandenganpakanmurniuntuk10ekoranakayamyang diberikansekali2harisampaianakayamberumur5bulan.disampingitu,kebersihantempatminumdantempatmakanharus diperhatikan,jangansampaitempatairminumditumbuhilumutataujentik-jentiknyamuk.Tempatmakanayamselaludicucisehabis makankarenakebersihanitumerupakanmodaluntukkesehatan.danrajinlahselalumembersihkankandangayam.

Kandangayamharusmempunyaiventilasiyangcukupuntuksirkulasiudaradisampingituusahakankandangmenghadapmataharipagi karenacahayamataharipagisangatmembantuuntukpertumbuhantulangayam.

Setelahayamberumur5bulanpakandicampurdengannasidenganperbandingan50:50yangdiberikanpadapagihari.Dansore harinyaayamdiberikanmakangabahataupadi.danpadausiainiayamsudahbolehdikasihmultivitamindanvitaminBkomplek disampingituayamjugadiberikanminyakikanhiu+tabletcalk(tablet calciumuntukmembantupertumbuhanpadaanak-anak),yang diberikansekaliseminggu.

Setelahayamberumur6bulanpakandigantidengangabahataupadi,sebaiknyagabahataupadiinidirebusdahulusampaipadinya mengembungkemudiandiberikandalamkeadaandingindantetapmemberikanmultivitamindanvitaminB kompleksertatabletcalk yangdiberikansecararutinseminggusekali.


Dipostingoleh Chakly Raflesia untuk Pembaca Tercinta Waktu Pukul 07.29 1 Perespon:

Kategori: caramenyambungbuluayambangkokaduan

Bagaimanacaramenyambungbuluayambangkokaduanyangpatah

Buluayambangkokaduanyanggrusak/patahbisadisambung.Kebanyakandisambungdengancara'ditusuk'padapangkal,atauada jugaygdisambungtempel.

Berikutinisedikittipscaramenyambungbuludenganmenggunakanjarumpentul.

Alatdanbahanygharusdisiapkan:

1.Tangpotong.

2.Lempowerglue.

3.Jarumpentul(pentulnyadibuang).

4.Pisaulipat

5.Bulupenyambung(bentukharusdiupayakansamadenganbuluyangpatahdisayap).

6.Selongsongpangkalbuluyangsudahdipotong2cm.

Carayangdapatdilakukan:

1.Potongbuluygakandijadikansambungan.Sesuaikanukurannyadenganbuluyangpatahsertapanjangbuluharusdiaturagarserasi denganbulu-bululaindisayap.

2.Tusukanjarumpentulyangsudahdibuangpentulnyakedalambuluyangsudahdipotong.Sebelumditusukan,celupkandulujarum kedalampowerglue.

3.Ujungjarumyanglainditusukankedalambuluygpatah.(janganlupajarumdiberipowergluedulu).

4.Tekanperlahan-lahan,sampaibulumenyatudenganbaik.Penusukanharuslurus.

5.Ambilselongsongpangkalbuludanbelahmenjadiduabagian.

6.Sambunganbuluygsudahterpasangdiberilempowerglue.

7.Rekatkanselongsongygtelahdibelahduatadi.

8.Tekansupayamenempelerat.

Sedangkandengancaratempel:

Siapkanbahanygdiperlukanterlebihdahulu:

1.Pisaucutter

2.Lemsepatu(pakailemfox)

3.Sambungkanbuluayam

Denganlangkah-langkahnyaadalahsbb:

1.Rapikanbuluyangakandisambungdanpotongdenganpisaucutterujungnyasecaramiringarahataskebawahkemiringan45 derajat.

2.Potongjugasambunganbuluayamygdisediakan,denganarahbawahkeatasdengankemiringan45derajat.

3.Cobadiukurdenganbuluyangakandisambungkan.pastikansambungandanpanjangnyasudahcocokdanpas.

4.Siapkanlemsepatunyadanberikankemasing-masingsambunganbulutersebut,secukupnya

5.Bilasudahkeringtempelkanmasing-masingujungsambunganbuluayamtersebut,sambilditempelkan.danjanganlupaposisi/kemiringansambildiperhatikan.

Bagikan ke facebook
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke Google+
Bagikan ke LinkedIn

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tags:
Author Image

About Chakly Raflesia

Tidak Ada Perbincangan Ke "Semua tentang Ayam [All About Problem on Chock]"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6