Kupu-kupu Aneh Bermotif Ular Sanca di Cibeunying Ciamis

Geegle  HayoO

Kupu-kupu Bermotif Ular Sanca
ini ditemukan pertama kali oleh Ica Gadis kecil asal Cibeunying Rw 06 Desa Cisadap Ciamis.

Ketika itu Ica menemukannya setelah ica pulang sehabis mengaji. Kupu-kupu ini hinggap di bahunya dan ikut pergi masuk ke dalam Rumah.
"Abi mendakna basa nuju tos uih ngaos. Napeul kana tak-tak abi terus nuturkeun wae siah mah. (Saya menemukannya ketika sedang pulang mengaji. Nempel ke bahu saya lalu terus saja mengikuti mah)" Katanya ketika berbicara kepada Ibunya.

Berikut adalah foto Kupu-kupu tersebut yang hinggap dalam sebuah foto di dalam Rumah Pak Elan (Ayah Ica)




Di Indonesia, Kupu-kupu jenis ini disebut Kupu-kupu Gajah. karena ukurannya 3x lebih besar dari kupu-kupu pada umumnya. Namun, Kupu-kupu bermotif Ular ini sangat serupa dengan Kupu-kupu yang tempo lalu yang menggegerkan warga Bintan. Pasalnya Kupu-kupu tersebut berukuran sangat besar, Berikut adalah fotonya sa'at kupu-kupu tersebut hinggap di Pohon Kelapa.

Kupu-kupu dan ngengat (rama-rama ) memang merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera , atau 'serangga bersayap sisik' ( lepis, sisik dan pteron , sayap).

Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti.

(van Mastrigt dan Rosariyanto, 2005).
Kupu-kupu dan ngengat amat begitu banyak jenisnya, di Pulau Jawa dan Pulau Bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu. Jenis Ngengat-nya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya, akan tetapi diduga ada ratusan jenis (Whitten dkk. , 1999). Kupu-kupu pun menjadi salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tidak Ada Perbincangan Ke "Kupu-kupu Aneh Bermotif Ular Sanca di Cibeunying Ciamis"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6