3 Lapang di Ciamis yang Selalu Meriah Saat 17 Agustusan

17 Agustusan adalah Kemeriahan  perayaan  untuk  mengenang  hari  proklamasi  kemerdekaan  kita  tampaknya  mulai  menyurut.  Dahulu  kemeriahan  itu  terasa  sampai  ke  pelosok  negeri  ini.  Di  berbagai  sekolah,  instansi  pemerintah,  dan  perusahaan-perusahaan  juga  diadakan  upacara  bendera. 

Naah yang pasti semua itu dilakukan ditempat yang terbuka seperti Lapangan. Dan kali GeegleHayoO akan memberikan info terutama bagi orang Ciamis yang mungkin bingung saat 17 Agustusan mau melakukan upacara dimana.

Naah makanya kalian harus tahu lapangan mana yang selain mengadakan upacara kemerdekaan dan bentuk Terima kasih kita terhadap pejuang orang dahulu untuk Indonesia, Disisi lain kita juga akan mendapatkan Hiburan dan semaraknya di 17 Agustusan supaya memberi warna kebahagian.

Dan kalian bisa dapatkan semua itu di 3 Lapang yang ada di Ciamis ini:

1. Lapang Cisadap

Lapang ini sebenarnya terletak dan termasuk ke wilayah Cibeunying, Namun entah kenapa banyak yang menyebutkan bahwa Lapang ini adalah "Lapang Cisadap".  Namun yang jelas Lapang yang sekaligus batas antara kampung Cibeunying, Cisadap, Dan Cibungkul ini ternyata saat Upacara 17 Agustusan itu selalu terkesan meriah. Bagaimana tidak, Banyak kampung dan Desa berkumpul disana dengan membawa ide-ide ke kreatifan dan sekaligus membawa ciri khas mereka.

Seperti yang menarik dari tahun kemarin, Ada dari warga Cibeunying. Para pemuda-pemudi, Mereka datang dengan menyerupai sosok Zombie

dan Ibu-ibunya tidak ketinggalan membawa Dog-dog untuk mengiringi tarian mereka. Dan yang paling istimewa, Masih dari Cibeunying ada yang memakai Kostum "Garuda" woOw itu sangat Gagah sekali. Dan tak disangka, Ternyata dibalik kostum tersebut adalah seorang anak kecil. Dan wow dalam fikirku "Kostum itu kan berat, Tapi anak kecil itu sangat kuat mengangkatnya dari rumah hingga kesini. Aku sangat merinding dengan kekuatan orang Indonesia"

Dan kampung-kampung lain pun tidak kalah dengan Cibeunying. Seperti:
* Ciloto
* Puncak Asih
* Cibungkul
* Cibodas
* Cisadap

2. Lapang Kalapanunggal

Dari Lapang Cisadap ke lapang Kalapanunggal, Ini memang sangat jauh sekali jaraknya. Jika kalian ingin menuju ke lapang kalapanunggal dari Lapang Cisadap, Kalian harus melewati 3 Kampung. Yakni kampung:

* Cibeunying
* Pepedan
* Sukahurip

Dan barulah kalian akan sampai ke Lapang Kalapanunggal. Dan kalian akan melihat suasana yang berbeda dari lapang cisadap.

Menurutku kalau aku datang ke lapang kalapunggal, Aku seperti datang ke Stadion. "Koq bisa?"    Bagaimana tidak, Jalan yang lebih tinggi dari lapang membuat apa pun yang ada di Lapang Kalapanunggal, Kita akan melihat jelas dari jalan.

Kampung-kampung yang selalu datang ke lapangan ini di hari 17 Agustusan adalah Kampung:

* Mangkubumi
* Cisendai
* Setiamulya
* Sukahurip
* Dan termasuk Kampung Kalapanunggal sendiri.

3. Lapang Nasol

Dan sesuai namanya, Lapang ini terletak di Wilayah Nasol yang sangat berdekatan sekali dengan Lapang Kalapunggal. Menurutku, di Lapang Nasol ini adalah lapang yang paling kental dengan acara Nasionalisme dan Patriotisme nya. Dimana, Semua orang akan sangat dapet sekali pengalaman Upacara yang sangat Profesional, Acap  dalam  upacara  dilakukan  penyerahan  berbagai  penghargaan. 

Mengenal Agustusan & Sejarahnya

Agustusan  adalah  sebuah  peristiwa  budaya,  yang  di  dalamnya  ada  upacara,  ritual  dan  perayaan.

Dalam  konteks  perusahaan,  perlu  pula  peristiwa  budaya  macam  Agustusan,  yang  mempunyai  unsur  perayaan,  upacara  dan  ritual.  Tujuannya  untuk  memperkuat  budaya  perusahaan.  Perusahaan  dengan  budaya  yang  kuat  senantiasa  merayakan  aneka  peristiwa  penting  dan  juga  kegembiraan,  seperti  saat  berhasil  mencapai  target  atau  ada  karyawan  yang  mampu  mengukir  prestasi  tinggi.  Salah  satunya  oleh  Deal  dan  Kennedy  sebagai  ritual  pengakuan.

Ritual  pengakuan  tidak  boleh  dianggap  remeh

Jika  diabaikan  akan  timbul  ketidakpastian,  kebingungan,  serta  perasaan  tidak  adil  dan  tidak  dihargai.  Contoh  ritual  pengakuan  adalah  perayaan  bagi  karyawan  yang  baru  dipromosikan  pada  sebuah  kantor  pusat  perusahaan  asuransi  terkemuka.  Di  perusahaan  tersebut,  promosi  identik  dengan  kantor  baru  dengan  perlengkapan  baru  untuk  menciptakan  lingkungan  yang  segar.  Pada  hari  dilakukannya  promosi  disediakan  makanan  bagi  para  undangan  yang  datang  memberikan  ucapan  selamat.  Ritual  tersebut  merupakan  sebuah  seremoni  yang  menandai  transisi  dari  status  yang  lama  kepada  status  yang  baru.  Contoh  lainnya  adalah  sebuah  perusahaan  farmasi  yang  memberikan  pengehargaan  bagi  anggota  tim  penelitian  dan  pengembangan  (R&D)  bila  hasil  penemuan  mereka  berhasil  memperoleh  hak  paten.

Acap

Di  banyak  perusahaan  acap  diadakan  acara  makan  malam  atau  pesta  perpisahan  bagi  karyawan  yang  akan  memasuki  masa  pensiun  Acara  tersebut  merupakan  bentuk  pengakuan  dan  penghargaan  bagi  karyawan  yang  telah  mengabdikan  dirinya  bagi  perusahaan.  Acara  tersebut,  seperti  halnya  acara  penghargaan  bagi  karyawan  yang  berprestasi,  kerap  diisi  oleh  penyampaian  pidato  dan  cerita  serta  penganugerahan  hadiah.  Sejatinya,  hal  ini  dilakukan  untuk  memperkuat  nilai-nilai  perusahaan  serta  menempatkan  pahlawan-pahlawan  perusahaan  dalam  hati  setiap  karyawan.

Dalam  melembagakan  ritual  pengakuan,  pemimpin  perusahaan  memegang  peran  penting

Mereka  harus  mampu  menyisipkan  aspek-aspek  dramatis  dari  sebuah  ritual  pengakuan.  Jika  tidak,  perusahaan  akan  kehilangan  peluang  untuk  memanfaatkan  ritual  pengakuan  tersebut  untuk  memperkuat  nilai-nilai  perusahaan.  Hal  ini  pada  gilirannya  akan  melemahkan  budaya  perusahaan.

Pemimpin  perusahaan  yang  cerdas  memainkan  peran  aktif  dalam  ritual  melembagakan  ritual  pengakuan.  Mereka  berpartisipasi  misalnya  dalam  orientasi  karyawan  baru,  mengorkestrasi  perayaan  promosi,  memastikan  bahwa  seluruh  anggota  organisasi  memahami  alasan-alasan  dipromosikannya  seseorang,  serta  menobatkan  seseorang  yang  memasuki  masa  pensiun  sebagai  pahlawan  budaya  dalam  rangka  menanamkan  nilai-nilai  inti  dan  keyakinan  yang  dimiliki  perusahaan.

Ritual Pengakuan

Bagaimanapun,  ritual  pengakuan  selayaknya  berperan  lebih  dari  sekedar  perayaan  peristiwa-peristiwa  penting.  Pemimpin  yang  baik  akan  berusaha  untuk  melembagakan  ritual  seraya  menyempurnakan  proses  manajemen,  strategi,  sistem,  dan  struktur  perusahaan.  Mereka  tidak  larut  dalam  kegembiraan  yang  berlebihan  merayakan  kesuksesan.  Mereka  sadar  bahwa  di  samping  kesuksesan  yang  telah  diraih,  masih  banyak  peluang-peluang  yang  dapat  dimanfaatkan  secara  optimal  untuk  perbaikan.

Yang  tak  kalah  penting  diperhatikan  adalah  masalah  sumber  daya

Penyelenggaraan  ritual  pengakuan  acap  memerlukan  sumber  daya  dalam  jumlah  yang  tidak  sedikit.  Oleh  karenanya  perlu  ditetapkan  skala  prioritas  dalam  pengelolaan  sumber  daya  tanpa  mengurangi  nilai  penghargaan  atas  prestasi  yang  telah  dicapai.  Juga  jangan  sampai  ritual  pengakuan,  yang  sedianya  bertujuan  untuk  merayakan  keberhasilan  dan  memberikan  penghargaan,  justru  menjadi  beban  dan  sumber  perpecahan  sehingga  berpotensi  menurunkan  moral,  motivasi,  kinerja,  dan  rasa  memiliki  diantara  sesama  karyawan.  Jika  demikian,  ritual  sebagai  bagian  dari  budaya  organisasi  gagal  berfungsi  sebagai  pengikat,  pemersatu,  sumber  energi,  simbol  identitas,  serta  pemicu  peningkatan  nilai  organisasi.  Untuk  mengatasi  hal  ini,  kriteria  pengukuran  keberhasilan  dan  pemberian  penghargaan  harus  ditetapkan  dengan  adil  dan  transparan.




Dirgahayu "Indonesia"


Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tags:
Author Image

About Chakly Raflesia

Tidak Ada Perbincangan Ke "3 Lapang di Ciamis yang Selalu Meriah Saat 17 Agustusan"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6