Mengatasi Android yang selalu Merestart dengan Sendirinya

Kenapa ya Android ku mati terus hidup sendiri? Di bilang Bootloop, tapi bisa masuk ke Menu dengan Normal. Tapi selang beberapa saat, Restart sendiri.

Hhmmpp Mungkin pertanyaan itu adalah masalah yang sedang kamu alami saat ini. Tenang yaa, Insya Allah disini Chakly bisa membantu dengan berdasarkan sedikit pengalam.  Yaa Chakly juga pernah tuuh kawan ngalami kek begituan.

"Kira-kira apa ya penyebabnya?"

Penyebab  restart  berulang  pada  perangkat  Android  ini  bisa  bermacam-macam,  jadi  solusi  untuk  mengatasinya  juga  bisa  berbeda  untuk  masing-masing  kasus.  Berikut  ini  cara-cara  yang  bisa  dicoba  untuk  mengatasi  masalah android yang merestart dengan sendirinya secara berkala atau  bootloop  ringan. Simak baik-baik yaa!

1. Masalah pada Charger

Jangan gunakan Charger sembarangan / bukan Charger bawaan ponsel yang kamu miliki. Karena setiap ponsel memiliki jalur-jalur khusus. Dan ketika jalur listrik pengaliran dari Charger berbeda dengan jalur penerimaan di Port, Maka ini hasilnya Konslet.

Selain itu, Perhatikan juga Tegangan dari Charger apakah sesuai dengan yang dibutuhkan ponsel kamu?  Jika tegangan terlalu besar dari Charger bawaannya, Kemungkinan Battery akan panas dan mesin juga ikut panas karena Overheat. Dan saat itu ponsel kamu akan mematikan dirinya sendiri.

Coba fikir-fikir dech, Apakah semenjak ganti Charger kah Android kamu jadi sering restart?  Jika kamu mengira, "Oohh mana mungkin Chargernya yang bermasalah, Charger ini aku beli dengan harga yang sangat mahal bahkan lebih mahal daripada aslinya"

Okay, terkadang harga tidak bisa menjamin Sebuah Hal yang Baik. Mungkin kamu bisa coba langkah-langkah dibawah ini untuk membuktikan masalah datang dari Charger atau bukan.

* Terkadang  dengan  men-  charge  baterai  sampai  penuh  bisa  mengatasi  masalahnya. Caranya  dengan  menyambungkan  perangkat  pada  charger,  kemudian  menekan  tombol  power  agak  lama  sampai  perangkat  mati.  Perangkat  tidak  akan  me-  restart  ,  tapi  akan  menampilkan  tampilan  charging  dengan  ditandai  gambar  animasi  baterai  yang  sedang  mengisi.  Tunggu  sampai  baterai  penuh,  setelah  penuh  lalu  cabut  charger-nya  kemudian  nyalakan  kembali  perangkat  tersebut.

Saat ponsel kamu dimainkan dengan Battery yang terisi penuh atau tidak dalam keadaan "Charging / Mencolokan Casannya"   Dan ternyata ponsel kamu Normal dan baik-baik saja, Maka kamu mungkin juga mengerti kan?

2.  Lepas Battery Sejenak...

Langkah-langkahnya  sangat  mudah,  yaitu  dengan  mematikan  perangkat  dan  melepaskan  baterai  (disarankan  melepas  memory  card  dan  SIM  card  juga)  kemudian  tunggu  beberapa  menit.  Pasangkan  kembali  baterai  dan  coba  nyalakan  perangkat.  Jika  beruntung,  perangkat  akan  berjalan  normal  dan  tidak  akan  me-  restart  lagi.

Lepaskan  baterai,  microSD  ,  dan  kartu  seluler  untuk  mengatasi  restart  terus-menerus  pada Android mu.

3. Hidupkan Androidmu tanpa memakai kartu Memori

Matikan  perangkat  terlebih  dahulu,  kemudian  lepaskan  memory  card  dari  slotnya.  Coba  nyalakan  perangkat  lagi  tanpa  memasangkan  memory  card.  Terkadang  dengan  cara  sederhana  seperti  ini  bisa  berhasil  menghentikan  masalah  restart  berulang  pada  smartphone  Android.

Lepaskan  memory  card  (microSD  )  dan coba nyalakan.

4.  Wipe  cache  partition

Langkah  pertama,  masuk  ke  mode  recovery! Biasanya dengan gaya tiga jari. Yaitu dengan menekan  tombol  kombinasi  Power  +  Volume  up + Home.  Kalau mode recovery android china biasanya cukup menekan Power + Volume down.

Atau jika kamu bingun dengan cara ini, Kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama "X-Plore". Disana ia menyediakan fitur-fitur yang mendukung untuk membuka folder-folder Root (File keamanan android)

Untuk yang make cara mode recovery simak caranya berikut:
* Pilih  menu  “wipe  cache  partition”  dengan  menggunakan  tombol  volume  untuk  menggerakkan  pilihan  menu  lalu  tekan  tombol  home  untuk  menjalankan  menu  tersebut.

* Tunggu  sampai  prosesnya  selesai  yang  ditandai  dengan  munculnya  keterangan  teks.

Terakhir,  pilih  menu  “reboot  system  now”  untuk  me-restart  perangkat.

5.  Wipe  data/factory  reset

Sebelum  mencoba  cara  ini,  perlu  diingat  bahwa  cara  ini  akan  menghapus  SEMUA  data  yang  ada  pada  perangkat.  Jadi  pastikan  data-data  penting  sudah  di-  backup  sebelumnya.

Langkah  pertama  sama  dengan  cara  di  atas,  dengan  masuk  ke  mode  recovery  .

Pilih  menu  “wipe  data/factory  reset”  dan  tekan  tombol  home  untuk  mengeksekusi.

Akan  muncul  konfirmasi  bertuliskan

“Confirm  wipe  of  all  user  data?  THIS  CAN  NOT  BE  UNDONE”,  untuk  melanjutkan  proses  ini  pilih  “Yes  —  delete  all  user  data”  dan  tekan  tombol  home  untuk  melanjutkan.

Akan  muncul  keterangan  teks  yang  menandakan  proses  sedang  berlangsung.

Tunggu  sampai  prosesnya  selesai,  lamanya  proses  tergantung  seberapa  besar  data  di  dalam  perangkat.

Prosesnya  sudah  selesai  jika  sudah  muncul  tambahan  keterangan  teks.

6. Flashing / Upgrade Rom Android kamu

Silahkan cari cara flashing sesuai android yang kamu miliki, Flashing / Upgrade ini dilakukan supaya memperbaiki system android kamu yang kemungkinan ada kesalahan atau ketidak cocokan dalam hal yang tertanam di Android mu.

7. Service Centre

Apa kamu mengerti dengan maksud Chakly?  Yaa urutan ketujuh sekaligus yang terakhir ini kamu harus segera membawanya ke tukang service ponsel. Karena ada hal yang hanya bisa dilakukan oleh mereka, yang kemungkinan besar ini bukan masalah dari system yang dari akibat salah oprek atau apalah. Tapi ini bisa saja kerusakan terjadi pada Mesin Android kamu.  Misalnya tombol power yang tidak berfungsi dengan baik. Atau perangkat lain yang ada di mesin ponsel android mu.

Itulah beberapa tips dari chakly, Coba semangat terus jangan takut untuk bereksperimen dengan masalah android kamu. Karena Belajar bukan hanya di sekolah saja okay? Hehey
((
___; )
(6

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tidak Ada Perbincangan Ke "Mengatasi Android yang selalu Merestart dengan Sendirinya"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6