Macam-Macam Bentuk Penyakit Kucing Beserta Pertolongan Pertamnya

P3K: Pertolongan Pertama Pada Kucing ^-^
Posting kali ini adalah untuk pertolongan pertama pada kucing, anda harus siap P3K untuk kucing juga loh! inilah beberapa macam pertolongan pertama kepada kucing...
Abses atau bengkak bernanah
disebabkan oleh gigitan binatang lain ataupun cakaran yang menusuk ke lapisan kulit kucing anda dan menghasilkan bakteri di dalam kulit kucing anda dan bila kulit kucing anda telah menutup dengan cepat bakterinya tetap terjebak di bawah kulitnya yang akan menghasilkan kantung yang terinfeksi yaitu abses.
abses bisa berupa kecil ataupun sangat besar dan terasa menonjol dan hangat. luka seperti ini biasanya sangat sakit. biasanya kucing yang mempunyai abses menjadi depresi dan kadangkala menjadi sering mengumpat di
Akar gigi abses biasanya terbentuk tepat di bawah mata, dan mulai sebagai benjolan atau pembengkakan. Mereka mungkin pecah dan berdarah, kucing anda mungkin berhenti makan karena rasa sakit atau nyeri pada saat mengunyah.
yang anda dapat lakukan:
abses harus segera di eksaminasi di dokter hewan dalam masa 24 jam
Cairan biasanya dapat mengalir dari tempat abses. Abses tidak mengalir melalui tabung, melainkan di sekitar tabung lateks. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membersihkan area di sekitar saluran dua kali sehari dengan air hangat.
kompres daerah abses dengan air hangat paling sedikit 2 kali sehari sampai 3 atau 5 hari setelah kucing pulang dari dokter.basahi lap dengan air hangat dan taruh di tempat yang terinfeksi dan berikan tekanan yang lembut selama 5 sampai 10 menit.
Pastikan Anda dan / atau anggota keluarga lainnya mencuci tangan dengan bersih setelah memegang / terkena cairan yang mengalir dari abses.
Pastikan untuk mengatur segala obat yang diresepkan secara tepat dan benar-benar seperti yang dijelaskan oleh dokter hewan hewan peliharaan Anda. Beberapa pasien mungkin merasa lebih baik setelah hanya beberapa hari pengobatan, namun sangat penting untuk pengobatan diberikan sesuai jadwal untuk mencegah infeksi berulang.
Batasi hewan Anda untuk aktivitas dalam ruangan sampai infeksi telah sembuh sempurna.
Beritahu dokter hewan peliharaan Anda bila kucing Anda mengalami salah satu dari berikut:
- Peningkatan kemerahan dan / atau panas dari lokasi abses
- Kegagalan untuk menyembuhkan abses
- Memburuknya kesehatan umum kucing Anda
- Kehilangan nafsu makan yang berlangsung lebih dari 24 jam
apa yang tidak boleh dilakukan:
anda jangan melakukan pembedahan abses pada kucing anda sendiri.
Jangan menerapkan obat-obatan, ramuan, atau pengobatan rumah kecuali diarahkan oleh dokter hewan
Sengatan lebah atau gigitan serangga
segala jenis gigitan serangga dapat menjadi masalah untuk kucing anda, hal ini dapat mengakibatkan bengkak, merah, dan gatal. beberapa kucing juga dapat alergi terhadap gigitan serangga yang dapat mengakibatkan gatal-gatal ringan, pembengkakan wajah, muntah, kesulitan bernapas atau bahkan pingsan.
yang anda dapat lakukan:
Jika alat penyengat dapat ditemukan, kikis keluar dengan kartu kredit atau bahan kaku lainnya. Atau, gunakan pinset dengan memegang alat penyengat, yang terletak di bawah kantung racun. Jika sengatan baru saja terjadi, jangan meletakkan tekanan pada kantung racun, karena hal itu akan menyuntikkan lebih banyak racun ke hewan peliharaan.
taruh kompres dingin di area tersebut
Untuk membantu menetralisir beberapa racun asam, oleskan campuran pasta baking soda dan air ke daerah sengatan
kucing Anda harus segera diperiksa oleh dokter hewan jika ada pembengkakan wajah, sesak nafas atau pingsan
apa yang tidak boleh dilakukan:
Jangan menaruh tekanan pada area yang tersengat/ terkena gigitan
Pendarahan
teknik-teknik menghentikan pendarahan:
Teknik-teknik berikut ini berurutan. Aturan pertama saat menangani dengan hewan peliharaan terluka adalah untuk menghindari cedera pada diri sendiri, sehingga butuh tindakan pencegahan yang tepat (seperti penggunaan moncong) untuk menghindari digigit.
Tekanan secara langsung
Dengan lembut tekan kompres (bantalan kain bersih, produk sanitasi feminin atau kasa) di atas daerah perdarahan, sehingga dapat menyerap darah dan memungkinkan untuk membeku. Jangan mengganggu pembekuan darah setelah mereka telah terbentuk. Jika membasahi darah melalui, jangan melepaskan bantalan, cukup menambah lapisan tambahan kain dan melanjutkan penekanan langsung secara lebih merata.
Tekanan langsung pada luka merupakan cara paling baik untuk menghentikan pendarahan.
elevasi
Jika luka parah pendarahan adalah pada kaki, dengan lembut naikkan kaki sehingga luka di atas tingkat jantung.Elevasi menggunakan gaya gravitasi untuk membantu mengurangi tekanan darah di daerah luka, memperlambat pendarahan.
Elevasi paling efektif dalam hewan besar dengan kaki panjang di mana jarak yang lebih jauh dari luka ke jantung mungkin terjadi. Tekanan langsung dengan kompres juga harus dijaga untuk memaksimalkan manfaat dari elevasi.
Elevasi anggota tubuh dikombinasikan dengan tekanan langsung adalah cara yang efektif untuk menghentikan pendarahan
Tekanan pada Arteri
Jika perdarahan eksternal berlanjut setelah Anda telah menggunakan tekanan langsung dan elevasi, menggunakan jari atau jempol untuk menempatkan tekanan di atas arteri utama ke luka. Terapkan tekanan pada arteri femoralis di selangkangan (di bagian dalam paha) untuk pendarahan parah dari kaki belakang, untuk arteri brakialis di bagian dalam bagian dari kaki depan bagian atas untuk perdarahan dari kaki depan, atau ke arteri caudal di dasar ekor jika luka pada ekor. Lanjutkan aplikasi tekanan langsung. Carilah perhatian dokter hewan segera.
Perdarahan internal
Pendarahan internal adalah kondisi yang mengancam jiwa, tetapi tidak jelas seperti perdarahan eksternal. Setiap perdarahan yang terlihat adalah eksternal. Pendarahan internal terjadi di dalam tubuh dan tidak akan terlihat. Pada perdarahan internal, kolam darah di perut atau dada tetapi tidak menghasilkan darah dalam tinja atau perdarahan dari dubur.
Namun demikian, beberapa tanda-tanda eksternal dari perdarahan internal:
kucing pucat (memeriksa gusi).
kucing dingin di kaki, telinga, atau ekor.
kucing batuk darah.
kucing luar biasa tenang.
Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera memindahkan kucing Anda ke fasilitas dokter hewan untuk bantuan profesional. Sebagian besar kasus perdarahan internal akan memerlukan terapi intensif di rumah sakit hewan. Ingat: perdarahan internal tidak terlihat di luar.
Gembung
adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana perut terisi dengan udara (dilatasi) dan / atau melilit pada dirinya sendiri (volvulus). Ini juga disebut GDV.
Apa yang Harus Dilakukan
Transportasi ke rumah sakit hewan atau fasilitas darurat segera. Dalam semua kasus, kondisi ini membutuhkan bantuan profesional.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan mencoba untuk meringankan gas dari perut.
Jangan memberikan apapun melalui mulut.
Sangat penting bahwa kondisi ini dikenali awal. Perut hewan peliharaan Anda mungkin tidak memiliki penampilan yang membengkak. Tanda-tanda mengasapi meliputi:
meneteskan air liur
sering muntah dan upaya untuk muntah (kadang-kadang korban mungkin dapat memuntahkan kolam air liur berbusa)
kecemasan, kegelisahan, dan mondar-mandir
kelesuan atau agitasi
depresi dan shock.
Banyak yang telah dipelajari tentang gembung dalam dekade terakhir. Beberapa dekade yang lalu, diagnosis gembung hampir selalu mengakibatkan kematian karena hanya 25% selamat. Hari ini angka survival lebih baik dari 80%. Sebagian alasan untuk ini adalah peningkatan kesadaran pemilik. Semakin dini dokter hewan menangani dengan pengobatan, semakin besar kesempatan yang ada untuk bertahan hidup. Sangat agresif intervensi medis dan bedah di awal perjalanan penyakit memiliki dampak yang paling dramatis pada keberhasilan pengobatan secara keseluruhan.
pencegahan
Tidak ada satu entitas telah terbukti untuk mencegah proses penyakit ini. Peningkatan makan sebenarnya dapat meningkatkan risiko GDV pada beberapa pasien. Ukuran kibble kecil, memberi makan makanan kecil lebih sering, dan tidak beternak hewan dengan riwayat GDV dalam garis keturunan mereka berpotensi mengurangi risiko GDV untuk hewan dan generasi mendatang.
Luka bakar
adalah cedera pada jaringan yang disebabkan oleh panas, api, bahan kimia, atau listrik. Klasifikasi membakar menentukan keparahan luka berdasarkan kedalaman cedera jaringan.
Luka bakar tingkat pertama terbatas pada kemerahan dan nyeri ringan di lokasi cedera. Luka-luka bakar hanya melibatkan lapisan atas kulit dan sembuh dengan cepat.
Luka bakar tingkat dua memiliki permukaan melepuh pada kulit, dan dapat melibatkan lapisan kulit yang lebih dalam.
Luka bakar tingkat tiga terjadi ketika lapisan atas kulit yang hilang dengan kerusakan pada lapisan yang lebih dalam. Luka bakar menunjukkan hangus dan kerusakan ekstrim. luka bakar tingkat tiga ini luka bakar menyebabkan jaringan parut dan mungkin memerlukan pencangkokan kulit.
Apa yang Harus Dilakukan
Memadamkan semua api .
Gunakan langkah yang tepat untuk menghindari digigit (membungkam hewan peliharaan Anda).
Hindari menyentuh hewan peliharaan yang telah listrik sampai daya telah dimatikan.
Untuk luka bakar termal atau listrik, segera menerapkan kompres air dingin dengan kain bersih ke lokasi cedera, mengganti mereka sesering yang diperlukan untuk menjaga situs dingin dan basah. Lanjutkan ini selama minimal 30 menit.
Untuk luka bakar kimia, lihat cedera kimia.
Memindahkan hewan peliharaan Anda ke fasilitas dokter hewan sesegera mungkin untuk perawatan lebih lanjut. Luka bakar bisa menjadi lebih buruk sebelum mereka mendapatkan yang lebih baik, dan mungkin memerlukan beberapa minggu terapi, beberapa operasi dan mungkin pencangkokan kulit.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan mengaplikasikan salep atau mentega.
Jangan menunda mencari bantuan dari dokter hewan.
Jangan mencoba untuk menghilangkan rambut atau kulit terbakar sendiri.
Cedera Kimia
Cedera kimia untuk jaringan yang disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia berbahaya seperti alkali, asam, dan cairan pembersih kuat. Juga disebut luka bakar kimia, mereka bisa mirip dengan thermal (panas) luka bakar dan pengobatan dapat menjadi kompleks dan berlangsung beberapa minggu. Penghapusan cepat dari bahan kimia dan perhatian medis yang cepat dokter hewan dapat membantu meminimalkan cedera dan mempercepat penyembuhan.
Apa yang Harus Dilakukan
Cuci area yang terkontaminasi dengan air dalam jumlah besar yang mengalir hangat selama minimal 15 menit.
Dalam kasus bahan kimia kering, sikat mereka dengan hati-hati, memperhatikan untuk melindungi mata, hidung, dan mulut Anda dan hewan peliharaan Anda.
Jika bahan kimia di mata, bilas mata dengan air dalam jumlah besar atau garam lensa kontak selama 15 menit. (Lihat di bawah untuk resep garam.)
Mencari perhatian dokter hewan sesegera mungkin.
Hindari digigit dengan menggunakan membungkam pada hewan peliharaan Anda jika Anda Berpikir ada risiko digigit.
Pastikan area tersebut berventilasi serta beberapa bahan kimia dapat melepaskan uap yang kuat
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan mengaplikasikan agen penetralisir kulit atau mata. Mereka dapat menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan panas dan menyebabkan cedera lebih lanjut untuk jaringan.
Jangan merendam hewan peliharaan Anda dalam air tidak-mengalir jika bahan kimia kering telah tumpah padanya. Bahan kimia kering biasanya diaktifkan oleh air. Air harus mengalir untuk membilas bahan kimia jauh.
Air murni bisa sangat mengiritasi mata dan kulit mentah. Adalah jauh lebih lebih nyaman untuk hewan peliharaan Anda jika Anda menggunakan garam: cukup melarutkan 2 sendok teh garam meja dalam satu liter air (metrik: 9 gram garam dalam 1 liter air).
Tersedak
Tersedak adalah gangguan pernafasan yang disebabkan oleh benda asing, atau kompresi pada, trakea (tenggorokan). Untungnya, tersedak adalah kejadian yang sangat langka. Banyak pemilik hewan peliharaan akan mencari perawatan hewan peliharaan karena mereka percaya mereka memiliki sesuatu yang tersangkut di tenggorokan, dan ini jarang terjadi. Hal ini jauh lebih mungkin bahwa hewan peliharaan Anda memiliki sesuatu yang ringan dan menular seperti tracheobronchitis (biasa disebut kennel cough) dan batuk daripada tersedak.
Seringkali, batuk disalah artikan dengan tersedak. Keduanya menyebabkan hewan peliharaan mendorong secara penuh menghembuskan napas. Dengan tersedak, hewan peliharaan memiliki kesulitan menghirup. Ketika batuk, hewan peliharaan bisa menghirup hampir normal. Hati-hati untuk membedakan dua: mencoba memberikan pertolongan pertama untuk hewan peliharaan yang hanya batuk dapat menyebabkan cedera.
Jika Anda sedang ragu, bawalah hewan peliharaan Anda untuk dievaluasi oleh dokter hewan. Untuk mengevaluasi tenggorokan, kebanyakan hewan peliharaan akan memerlukan obat penenang dan beberapa akan memerlukan evaluasi dengan endoskopi serat optik atau sinar-X untuk mencari bahan asing.
Jika si kucing tidak sadar
Lakukan sapuan jari
Buka mulut hewan peliharaan Anda dan melakukan sapuan jari dengan menempatkan jari Anda di sepanjang bagian dalam mulut, geser ke bawah menuju pusat tenggorokan atas dasar lidah, dan dengan lembut "menyapu" menuju pusat untuk menghapus materi asing. Peringatan: ada struktur dalam di tenggorokan (jakun) yang terasa seperti tulang halus. Jangan mencoba untuk menariknya keluar!
Mulailah Penyelamatan Pernapasan
Penyelamatan pernapasan dijelaskan dalam artikel CPCR, sebelumnya disebut CPR. Jika udara tidak masuk ke paru-paru, tepuk dinding dada dengan tegas atau melakukan manuver Heimlich dengan menempatkan hewan peliharaan telentang, menempatkan tangan di atas perut dekat bagian bawah tulang rusuk, dan lembut tapi tegas menyodorkan ke arah tulang belakang. Melakukan sapuan jari dan mulai pernapasan. Ulangi sampai benda asing jelas dan paru-paru bisa mengembang. Memindahkan ke dokter hewan.
Jika si kucing Sadar
Tetap tenang dan mencoba untuk menjaga ketenangan hewan peliharaan. Jika kucing terlalu panas, mendinginkan mereka dengan air sejuk (bukan dingin) yang disalurkan ke kaki mereka (telinga dan kaki) dan perut, dan transportasi mereka ke dokter hewan terdekat. Melakukan sapuan jari hanya jika itu tidak akan merangsang kucing. Jangan melakukan sapuan jari jika Anda yakin hewan peliharaan Anda akan menggigit Anda.
Dehidrasi
Dehidrasi adalah hilangnya air yang berlebihan dari tubuh (biasanya melalui muntah dan / atau diare) atau asupan  air yang tidak seharusnya ke dalam tubuh (penurunan haus). Kesalahan paling umum dengan hewan peliharaan muntah adalah untuk mendorong mengonsumsi makanan dan air  sementara hewan peliharaan masih muntah. Ini benar-benar membuat keadaan menjadi lebih buruk dengan tidak membiarkan perut dan waktu saluran usus untuk beristirahat, dan dapat menyebabkan muntah tambahan dan kehilangan air. Menghindari akses ke makanan dan air untuk waktu singkat mungkin tampak akan membuat dehidrasi parah, padahal dapat membantu hewan peliharaan Anda menghindari dehidrasi lebih lanjut. Dehidrasi membuat hewan peliharaan Anda merasa lesu, dan berpotensi dapat menyebabkan masalah berat dengan ginjal dan organ internal lainnya jika tidak diobati.
Apa yang Harus Dilakukan
Jika dehidrasi sedang hingga berat, cari bantuan dokter hewan. (Lihat di bawah untuk bagaimana menilai jika dehidrasi adalah berpotensi parah pada hewan peliharaan Anda.)
Jika dehidrasi ringan dan hewan peliharaan tidak muntah, seringlah memberikan sejumlah kecil air dengan mulut, yang berarti di kisaran 1 sdt untuk kucing .
Jika hewan peliharaan Anda lesu, sakit, atau tidak makan selama 24 jam, cari bantuan dokter hewan.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan biarkan hewan peliharaan Anda untuk memiliki akses bebas langsung ke air dalam jumlah besar atau cairan lainnya.
Jangan memberi makan makanan kering hewan peliharaan Anda sampai diarahkan untuk melakukannya oleh seorang profesional dokter hewan.
Dehidrasi sering mendampingi gejala seperti muntah, diare, hipotermia (suhu tubuh rendah), demam, tidak ada akses ke air, dan kondisi lainnya. Hal ini dapat dideteksi oleh beberapa tes:
Mulut: Apakah lidah dan gusi lembab atau kering? Jika mereka kering, ada kemungkinan hewan peliharaan Anda bisa mengalami dehidrasi. Apakah air liur tebal atau panjang? Biasanya, air liur cukup berair dan hampir tidak terlihat.
Mata: Apakah mereka normal, atau apakah mereka tenggelam ke dalam soket? Mata cekung atau kering mungkin menunjukkan dehidrasi, dan perlu mendapat perhatian dokter hewan.
Kulit: Lakukan tes turgor kulit digariskan dalam Ujian Fisik Checklist. Jika kulit lambat kembali ke posisi, hewan peliharaan mungkin cukup untuk menderita dehidrasi parah. Jika kulit tidak kembali sepenuhnya ke posisi, hewan peliharaan Anda mungkin menderita dehidrasi parah dan mungkin dalam kondisi kritis. Carilah perhatian dokter hewan segera. Tes turgor kulit tidak selalu akurat dan beberapa faktor seperti usia, berat badan dan kondisi kulit dapat memberikan hasil yang menyesatkan. Seorang profesional dokter hewan dapat membantu Anda menentukan seberapa dehidrasi hewan peliharaan Anda, apa penyebabnya mungkin, dan perawatan terbaik.
Diare dan Muntah
Diare adalah pengosongan yang sering buang air besar encer. Muntah adalah pengusiran paksa isi lambung melalui mulut.
Apa yang Harus Dilakukan
Menyingkirkan semua makanan dan air.
Periksa tanda-tanda dehidrasi.
Jika diare dan / atau muntah terus atau hewan peliharaan terlihat sakit, cari bantuan dokter hewan. Diare dan muntah dengan cepat dapat menyebabkan kehilangan cairan serius dan ketidakseimbangan elektrolit, terutama pada hewan yang sangat muda dan sangat tua.
Jika tidak ada muntah terjadi selama 6 sampai 8 jam, mulai sering memberikan sejumlah kecil cairan bening (air, Gatorade, Pedialyte, atau larutan elektrolit lain). Sebuah aturan praktis adalah untuk memberikan 1 sendok teh per pon berat badan setiap 2 atau 3 jam sepanjang hari dan malam. Jika hewan peliharaan Anda tidak muntah cairan, hari berikutnya menawarkan makanan kecil tapi sering hamburger rebus dan nasi atau ayam rebus dan nasi. Jika hewan peliharaan Anda tidak ingin makan, mulai muntah, atau terus mengalami diare, pergi ke dokter hewan untuk perawatan medis.
Mengisolasi hewan peliharaan sakit hewan peliharaan lainnya.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan memberikan obat over-the-counter atau resep untuk hewan peliharaan Anda tanpa berbicara dengan dokter hewan terlebih dahulu.
Jangan biarkan hewan peliharaan untuk makan atau minum apa pun sampai belum ada muntah selama 6 sampai 8 jam.
Muntah dan diare berhubungan dengan sejumlah masalah yang disebut secara kolektif sebagai gastroenteritis. Beberapa kasus yang cukup parah (misalnya, keracunan), dan ada juga yang tidak (misalnya, ketidakbijaksanaan pola makan). Jika demam , infeksi bisa menjadi penyebabnya. Kebanyakan infeksi yang menyebabkan diare dan muntah menular, jadi sebaiknya anda untuk menganggap bahwa hewan peliharaan lainnya yang mungkin rentan jika mereka terkena.
Jika hewan peliharaan Anda tidak merasa baik dan memiliki muntah dan / atau diare, temui dokter hewan.
Gigitan ular
Jika hewan peliharaan Anda digigit ular, yang terbaik adalah menganggap itu adalah gigitan beracun.
Apa yang Harus Dilakukan
Membungkam hewan peliharaan Anda untuk menghindari digigit - gigitan ular bisa menyakitkan, dan hewan peliharaan Anda mungkin mencoba untuk melindungi dirinya sendiri.
Melumpuhkan bagian dari hewan yang telah digigit oleh ular, jika hal ini dapat dilakukan dengan aman. Cobalah untuk tetap pada atau di bawah tingkat jantung.
Jauhkan tenang hewan peliharaan dan tidak bergerak, membawa jika perlu.
Mencari perhatian dokter hewan sesegera mungkin.
Cobalah untuk mengidentifikasi ular jika dapat dilakukan tanpa risiko: JANGAN AMBIL ATAU MEMBUNUH ULAR ITU. Hal ini membantu untuk mengidentifikasi jenis ular untuk membantu dokter hewan dengan pengobatan. Jangan membawa ular ke kantor dokter hewan - sebuah foto akan berfungsi.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan memotong di atas bekas gigitan.
Jangan mencoba untuk menangkap atau membunuh ular
Jangan memanipulasi daerah digigit lebih dari yang dibutuhkan.
Jangan biarkan hewan peliharaan untuk bergerak bebas.
Jangan es atau penghenti pendarahan daerah itu.
Jangan memberikan obat kecuali atas nasihat dokter hewan.
Gigitan ular adalah masalah yang kompleks. Tingkat keparahan dan jenis kerusakan yang dilakukan oleh racun tergantung pada jenis ular yang terlibat, usia ular, dan ukuran hewan peliharaan yang digigit. Sebagian besar hewan peliharaan yang digigit ular akan bertahan hidup, tetapi perhatian medis sangat penting untuk memastikan hasil yang terbaik.
Beberapa ular memiliki racun yang menyebabkan shock berat dan kematian yang cepat. Yang lain memiliki sebagian besar efeknya pada otot atau memiliki efek yang dapat ditunda oleh hari atau minggu. Beberapa racun terkonsentrasi dan beberapa tidak, sehingga membutuhkan jumlah besar sebelum kerusakan dilakukan.
Tujuan pertama dalam pengobatan gigitan ular adalah untuk menjaga racun dari beredar dalam jumlah besar ke seluruh tubuh. Namun, menjaga semua racun di daerah gigitan (seperti yang terjadi dengan paket es atau torniket) dapat menyebabkan kerusakan otot yang parah. Antivenin diberikan di rumah sakit adalah pengobatan yang paling langsung dan membantu untuk hewan peliharaan Anda. Antivenin dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah pada beberapa hewan peliharaan, dan harus diberikan dalam kondisi yang terkendali dan diawasi secara ketat. Sebagian besar hewan peliharaan yang telah digigit perlu dirawat di rumah sakit untuk perawatan, dan beberapa hewan peliharaan dapat memiliki area besar jaringan mati yang perlu pembedahan dibersihkan selama beberapa hari atau minggu.
Keracunan
Keracunan adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari konsumsi, inhalasi, penyerapan, injeksi, atau penerapan suatu zat yang menyebabkan kerusakan struktural atau gangguan fungsional jaringan tubuh. Racun bisa menjadi tanaman, obat yang diberikan secara berlebihan, produk pembersih, atau bahan kimia rumah tangga lainnya.
Apa yang Harus Dilakukan
Cobalah untuk menghubungi dokter hewan atau pusat kendali racun, dan mengikuti instruksi mereka.
Jika Anda tidak bisa berhubungan dengan dokter hewan dan keracunan terjadi dalam 3 jam terakhir, pertimbangkan merangsang muntah. Jangan memaksakan muntah jika hewan peliharaan Anda tidak sadar, kejang, tidak mampu berdiri, atau mengalami kesulitan bernapas. Juga jangan dimuntahkan jika racun adalah produk minyak bumi, larutan pembersih, atau asam kuat atau alkali.
Jika produk adalah produk minyak bumi, larutan pembersih, asam kuat, kuat atau alkali, jika substansi itu tertelan lebih dari 3 jam yang lalu, atau jika hewan peliharaan Anda tidak sadar, tidak bisa berdiri, atau mengalami kesulitan bernapas, Anda harus mendapatkan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan sesegera mungkin.
Jika muntah hewan, menyimpan sampel muntahan untuk diperiksa kemudian oleh dokter hewan. Anda dapat membawanya dalam tas ziplock.
Baca tentang cedera kimia, jika suatu bahan kimia yang telah melukai hewan peliharaan Anda.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan memberikan cairan (selain hidrogen peroksida jika Anda menginduksi muntah): cairan dapat memindahkan racun ke dalam tubuh lebih cepat.
Penyulaan dan luka tusuk
Penyulaan dan luka tusuk melibatkan benda asing terjebak pada hewan, biasanya dalam rongga tubuh seperti perut atau dada, atau luka yang dalam di mana kulit rusak. Contoh umum pada hewan kecil termasuk binatang ditembak dengan panah atau baut panah, anjing cedera melawan dan tembakan. Anjing sering membawa tongkat di mulut mereka dan menderita mulut atau leher cedera ketika akhir kemacetan tongkat ke tanah. Hewan juga bisa jatuh dari beberapa gedung-gedung bertingkat dan menjadi tertusuk di pagar atau benda tajam lainnya. Seorang dokter hewan harus dipandang sesegera mungkin. Cedera penyulaan dapat menyebabkan kerusakan internal yang serius.
Sedasi dan / atau anestesi umum sering diperlukan untuk menentukan dimana penyulaan terjadi dan berapa banyak kerusakan internal atau tersembunyi telah terjadi. Beberapa benda asing, seperti kayu, tidak muncul pada sinar-X rutin, tes jadi lebih maju (seperti USG atau MRI) mungkin perlu digunakan.
Kadang-kadang, bagian tubuh yang asing akan menjadi bersarang di kulit hewan peliharaan atau jaringan, bahkan setelah sebagian besar telah dihilangkan. Ini dapat bermigrasi ke berbagai bagian tubuh dan menyebabkan masalah minggu kemudian.
Beberapa cidera oleh orang lain hewan dapat muncul kecil pada awalnya, tetapi sebenarnya mungkin memiliki kerusakan parah pada jaringan yang lebih dalam, kami menyebutnya 'puncak gunung es' luka. luka perkelahian kadang-kadang bisa menjadi lebih buruk sebelum mereka menjadi lebih baik karena kekuatan menghancurkan terlibat dalam cedera gigitan dan kematian kulit di atasnya (nekrosis). Terkadang saku infeksi (abses) dapat membentuk yang membutuhkan penempatan tabung untuk mengalirkan akumulasi cairan.
Apa yang Harus Dilakukan
Tenang dan selimuti hewan peliharaan.
Membungkam hewan peliharaan sehingga Anda menghindari digigit.
Mencoba untuk mengimobilisasi kedua benda asing (jika masih ada) dan hewan peliharaan. Kerusakan parah dan terus dilakukan setiap kali benda asing diperbolehkan untuk memukul tentang bagian dalam hewan peliharaan.
Jika benda asing di dada, atau ada kerusakan pada dada, mendengarkan suara udara menghisap atau bersarang di sekitar luka. Jika tampak bahwa ada luka terbuka di dada, menutupi luka (dan benda asing, jika perlu) dengan bungkus plastik. Sebelum Anda menempatkan bungkus plastik, mengoleskan petroleum jelly, pelumas steril atau salep antibiotik untuk membantu menutup luka.
Jika benda asing dapat dengan mudah dipotong, memperpendek masa itu, hanya menyisakan 3 sampai 6 inci mencuat dari hewan peliharaan.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan pernah mencoba untuk mengeluarkan benda asing sendiri.
Jangan biarkan hewan peliharaan untuk bergerak.
Jangan memindahkan benda asing saat memotong itu.
Jangan menghindari mencari bantuan dari dokter hewan, hanya karena luka tampaknya kecil - dapat terjadi kerusakan tersembunyi yang luas yang memerlukan perhatian
Fraktur
Fraktur mengacu pada patah atau retak dalam tulang. Ada beberapa jenis patah tulang, dan setiap jenis memiliki komplikasi yang berbeda dan metode perbaikan. Dokter hewan Anda dapat membantu Anda memutuskan cara terbaik untuk memperbaiki patah tulang dan jika rujukan ke dokter spesialis dalam kepentingan terbaik hewan peliharaan Anda. Meskipun pembebatan akan memungkinkan sejumlah kecil untuk menyembuhkan patah tulang, sebagian besar akan memerlukan operasi untuk memastikan hasil yang terbaik.
Jenis fraktur
fraktur tertutup : patah tulang di mana tidak ada luka eksternal yang terkait.
Terbuka (sebelumnya dikenal sebagai senyawa) fraktur: patah tulang yang berhubungan langsung dengan luka terbuka (tulang mungkin atau mungkin tidak akan terlihat melalui luka).
Dislokasi: cedera pada jaringan ikat yang memegang sendi pada posisi yang menghasilkan perpindahan tulang pada sendi.
Keseleo: cedera sendi, ligamen, atau tendon di wilayah sendi. Ini melibatkan sebagian merobek atau peregangan struktur ini tanpa dislokasi atau fraktur.
Jenis lain dari luka ortopedi dapat melibatkan ligamen robek, terutama di lutut. Stabilisasi bedah adalah cara terbaik untuk memperbaiki cedera ini.
Apa yang Harus Dilakukan
Sebelum pengobatan, tindakan pencegahan harus diambil untuk mencegah cedera menggigit ke pemberi pertolongan pertama. Membungkam hewan peliharaan Anda.
Menghentikan pendarahan dengan tekanan langsung.
Patah tulang terbuka harus ditutup dengan kasa steril jika mungkin. Jika ini tidak tersedia, gunakan kain bersih atau feminin pad diaplikasikan di atas pembukaan dan tulang.
Jika memungkinkan, hewan peliharaan harus bergerak pada papan besar untuk transportasi.
Jika hewan peliharaan masih dapat menggunakan tiga kaki, mendukung kaki belakang dengan handuk di bawah perut (dengan ujung yang diselenggarakan bersama di atas belakang) digunakan sebagai gendongan.
Pembebatan patah tulang di rumah tanpa pengobatan sangat meningkatkan risiko digigit, dan benar-benar dapat membuat fraktur lebih buruk lagi. Beberapa patah tulang, seperti patah tulang paha atau femur, tidak dapat membelat. Saran terbaik adalah untuk menjaga hewan peliharaan diam dan tenang, melindungi diri sendiri dan langsung menuju ke rumah sakit hewan.
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan menyiram luka dengan garam atau air karena hal ini hanya membuat resiko kontaminan lebih dalam ke dalam luka.
Jangan pernah mencoba untuk mengatur atau mengurangi patah tulang atau mencoba untuk mendorong tulang menonjol kembali ke posisinya.
Jangan memberikan obat over-the-counter atau resep untuk hewan peliharaan Anda kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh dokter hewan
Sebuah patah tulang, dislokasi atau keseleo parah mungkin diduga ketika binatang itu tiba-tiba muncul lumpuh pada kaki, atau mengangkat kaki dan tidak akan menggunakannya. Ini juga mungkin diduga menyusul cedera jatuh utama atau cedera tumpul. Terlihat jelas tulang mencuat keluar dari (menonjol) luka jarang terjadi. Yang lebih umum adalah sudut yang tidak biasa atau deformasi dari daerah patah, dan bengkak. Diagnosis yang akurat memerlukan penggunaan x-ray, yang biasanya harus diambil dengan obat penenang atau anestesi untuk mendapatkan hasil yang paling akurat.
X-ray adalah satu-satunya cara untuk secara akurat mendiagnosis patah tulang.
Demam
Demam adalah peningkatan suhu tubuh yang terjadi sebagai respon terhadap infeksi atau peradangan (lihat juga hipertermia). Suhu tubuh normal adalah 101-102,5 derajat Fahrenheit untuk kedua anjing dan kucing. Suhu paling tepat diambil dengan termometer rektal digital elektronik, ini biasanya memberikan hasil dalam waktu kurang dari satu menit. Melumasi termometer dengan pelumas berbasis air (seperti KY jelly, minyak bayi atau sabun), dan kemudian memasukkan termometer sekitar 1-2 cm (sekitar 1/2 sampai 1 inci). Termometer telinga dirancang untuk manusia tidak bekerja dengan baik pada hewan peliharaan.
Apa yang Harus Dilakukan
Ambillah dan catat suhu rektal jika hewan peliharaan Anda merasa sakit atau hangat. Jika di atas 103 derajat, hubungi dokter hewan atau pusat darurat lokal. Sebuah suhu di atas 106 derajat dapat mengancam kehidupan dan perlu mendapatkan perhatian segera.
Jika suhu hewan yang lebih dari 105 derajat, lembabkan mantel rambut hewan peliharaan dengan dingin (tidak dingin) air dan memberikan perhatian khusus terhadap telinga dan kaki, yang merupakan situs pertukaran panas. Mengarahkan kipas angin di daerah basah.
Mendorong (tapi jangan memaksa) hewan peliharaan Anda untuk minum sejumlah kecil air sering kecuali dia telah muntah pada masa 4 sampai 6 jam.
Apa yang TIDAK Dilakukan
Berhati-hatilah tidak berlebihan merawat hewan peliharaan! Hentikan pendinginan setelah suhu rektal mencapai 103 derajat atau hewan peliharaan bisa menjadi terlalu dingin (hipotermia).
Jangan berikan aspirin atau obat-obatan lainnya sebab banyak obat ini beracun bagi hewan peliharaan.
Ketika hewan peliharaan ini lesu, depresi, menggigil, atau Anda melihat alasan lain untuk mencurigai bahwa dia sedang tidak enak badan (tidak makan, atau muntah, batuk, memiliki pembuangan hidung kehijauan), menduga demam. Satu-satunya cara untuk mengkonfirmasi ini adalah untuk mengukur suhu menggunakan termometer medis
Cedera mata
Jika Anda melihat salah satu dari berikut:
Hewan peliharaan Anda menyipitkan mata atau melindungi mata
Setiap trauma dicurigai terkait dengan mata
Penampilan abnormal bola mata
Kemerahan yang berlebihan pada bagian putih mata (sklera)
Setiap kali kelopak mata tidak dapat menutupi bola mata
Anda harus mencari perhatian dokter hewan segera karena tanda-tanda ini dapat menunjukkan masalah mata yang serius yang dapat membahayakan penglihatan hewan peliharaan Anda.
Kondisi seperti trauma, glaukoma, perforasi kornea (membran yang jelas di depan mata), infeksi serius, benda asing dan penyakit autoimun dapat semua mempengaruhi mata hewan peliharaan Anda dan mungkin membutuhkan perawatan medis.
Berhati-hatilah untuk tidak tergigit ketika merawat hewan peliharaan Anda, dan menggunakan membungkam bila diperlukan untuk tetap aman.
Apa yang Harus Dilakukan
Jika mata telah terkilir dari soket (proptosis) atau kelopak mata tidak dapat menutupi bola mata, menjaga bola mata basah dengan pembasah lensa kontak, KY jelly, air, atau kompres lembab.
Jika bahan kimia atau lainnya produk iritasi secara tidak sengaja masuk ke mata, siram dengan air, garam lensa kontak atau larutan garam buatan sendiri diperas dari kompres atau spons untuk minimal 15 menit. (Saline: melarutkan 2 sendok teh garam meja dalam 1 liter air)
Selalu cari bantuan dokter hewan segera. Mata sangat rapuh dan hanya beberapa menit bisa berarti perbedaan antara penglihatan dan kebutaan. Rujukan ke spesialis mata (ophthalmologist) mungkin diperlukan untuk kasus yang lebih parah
Apa yang TIDAK boleh Dilakukan
Jangan mencoba untuk mengobati mata, atau menghilangkan benda asing, diri sendiri.
Jangan mencoba untuk mendorong bola mata proptosed kembali ke dalam soket. Hal ini harus dilakukan di bawah anestesi sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada interior bola mata.

Muezza Kucingku juga lagi Sakit


tempat tersembunyi di rumah anda. Kadang-kadang abses dapat pecah sebelum timbulnya tanda-tanda lain. Abses pada kelenjar anal sangat umum dan bisa salah untuk pendarahan anus jika mereka pecah.

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tidak Ada Perbincangan Ke "Macam-Macam Bentuk Penyakit Kucing Beserta Pertolongan Pertamnya"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6