Kenapa HP android Saya Lambat


Ponsel android Anda mulai terasa berat, selalu kekurangan memori dan terlalu banyak proses atau bahkan baterai cepat habis? Saatnya kenali cara kerja android dan perlakukan ponsel Anda dengan lebih smart. Jangan cuma ponselnya saja yang smartphone tapi pengguna dan perawatannya juga harus dengan cara yang smart. Tidak terlalu sulit sebenarnya, yang penting Anda
mengenali pengetahuan dasar android dan mulai lebih care pada ponsel Anda.
Jika Anda sudah menjejali ponsel Anda dengan puluhan aplikasi, mungkin itu bukan salah Anda. Hanya saja perlu diketahui bahwa ada beberapa aplikasi yang jika terinstal, aplikasi ini tidak hanya berjalan ketika dibuka saja tetapi terus menerus aktif selama ponsel hidup. Biasanya aplikasi ini berjalan di background sebagai services. Jelas hal ini akan menyedot jatah ram dan jika terlalu banyak aplikasi semacam ini sudah barang tentu akan membuat ponsel android Anda semakin berat dan lambat.
Matikan Aplikasi Android dari Startup
Salah satu cara untuk mengembalikan kecepatan smartphone android
adalah dengan meminimalisir aplikasi yang berjalan dari start up. Kaitannya dengan android services di atas adalah, jika aplikasi yang memiliki service ini dimatikan dari startup atau ketika ponsel dihidupkan maka kemungkinan services atau aplikasi yang berjalan di background tidak akan berjalan otomatis. Sehingga tidak akan menyita ram dan menjaga performa sistem android tetap prima. Tentu sebelumnya Anda harus selektif memilih aplikasi mana saja yang akan dinonaktifkan karena beberapa aplikasi tetap dibutuhkan seperti BBM, WhatsApp, Antivirus dan aplikasi sejenisnya.
Adapun untuk mulai mematikan aplikasi dari startup android ini silahkan itu langkah-langkah berikut:
1. Download aplikasi Startup Manager free dan langsung pasang.
2. Buka aplikasi startup manager, pada tab user pilih aplikasi mana saja yang ingin dinonaktifkan.
3. Tap atau sentuh tanda (-) di sebelah kanan untuk menonaktifkan aplikasi startup, dan tanda (+) untuk mengaktifkan kembali.
4. Sampai sini sudah selesai, namun untuk melihat perbedaan performa ponsel ada baiknya buka setting. Dan pilih opsi Show System boot time untuk melihat berapa lama waktu dibutuhkan untuk boot sistem android; Enable Silent boot untuk menyalakan ponsel tanpa suara, dan Show Item Couldn’t be disabled untuk melihat aplikasi apa saja yang tidak bisa dinonaktifkan.
5. Restart atau matikan dan nyalakan ponsel untuk melihat hasilnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Internet Lambat dengan VPN & Proxy
Penting untuk diingat, sebaiknya tidak mematikan aplikasi asli bawaan sistem android kecuali Anda memang mengetahui fungsinya. Hanya aplikasi tambahan dari pihak ketiga saja yang sebaiknya dimatikan. Dan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dimatikan oleh aplikasi ini jika ponsel belum root. Sementara kinerja aplikasi startup manager tentu akan bekerja lebih baik untuk ponsel yang sudah root. Nah, jika Anda belum puas Anda juga bisa mengakali cara mematikan service android dengan merubah jeroannya. Baca pada Cara Hapus Services Aplikasi Android.
Lakukan Tweak Android Ringan
Tidak susah sebenarnya untuk melakukan tweak sistem android agar tetap optimal, dan tweak ringan android ini bisa dilakukan siapa saja bahkan pengguna awam serta tidak mengharuskan root. Misalnya menonaktifkan bloatware atau aplikasi bawaan yang memberatkan, mematikan animasi android, mempercepat proses charging baterai dan lain-lain.

Berlangganan Postingan Terbaru GeegleHayoO Gratis!

Tidak Ada Perbincangan Ke "Kenapa HP android Saya Lambat"

Bagaimana dengan Artikel ini?
Silahkan Berkomentar jika :
1. Ada Pertanyaan
2. Ketidak Pahaman
3. Artikel Salah
4. Beri Masukan
5. Mengucapkan Terima Kasih!

Awas Komentar Jahat / Spam akan kami Ledek sebagai Orang Gila
((
___; )
(6